Korea Selatan Resmi Izinkan Bus Tanpa Sopir Angkut Penumpang

Minggu, 27 November 2022 - 07:22 WIB
loading...
Korea Selatan Resmi Izinkan Bus Tanpa Sopir Angkut Penumpang
Korea Selatan resmi meluncurkan rute bus self-driving pertamanya untuk angkut penumpang. FOTO/ IST
A A A
SEOUL - Korea Selatan meluncurkan rute bus self-driving pertamanya dalam upaya membuat orang merasa lebih nyaman dengan kendaraan tanpa pengemudi di jalan.



Kendaraan baru ini tidak terlihat seperti bus biasa dan memiliki jendela besar yang membuatnya lebih mirip mainan daripada bus berteknologi tinggi.

Kepala perusahaan penggerak otonom 42 Dot, Jeong Seong-gyun, mengatakan bahwa desain tersebut sengaja dibuat untuk menciptakan perbedaan.

Seperti dilansir dari AFP, Minggu (27/11/2022),startup ini bertanggung jawab atas teknologi self-driving yang saat ini dimiliki oleh raksasa mobil Hyundai.

“Ini adalah masa depan. Bus ini membutuhkan tipe desain baru yang cukup besar,''

“Bus itu terlihat seperti satu set Lego dan terbuat dari komponen komposit untuk membantu menekan biaya dan membuatnya mudah ditiru,''

“Ini menggunakan kamera dan radar untuk menavigasi jalan, bukan perangkat sensor yang mahal,” jelasnya.

Tujuan perusahaan adalah membuat teknologi berbiaya rendah, aman, dan mudah dialihkan ke berbagai jenis kendaraan di masa depan, misalnya truk pengiriman.

Pengemudi keamanan sekarang memantau dengan cermat dan bus akan melaju sendiri di sekitar sirkuit kecil sepanjang 3,4 kilometer di pusat kota Seoul yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Orang dapat menaiki dua perhentian yang ditentukan setelah memesan kursi gratis melalui aplikasi.

“Saya merasa seperti melompat ke mesin waktu untuk mengunjungi masa depan. Saya pikir itu mungkin membuat saya pusing karena akselerasi yang tiba-tiba, tapi saya tidak merasakannya.”

Perjalanan terasa sangat lancar dan aman", kata Kim Yi hae-ran, 68, setelah menaiki bus selama 20 menit saat peluncurannya kemarin.

Menurutnya, pengalaman tersebut membuatnya merasa bangga dengan kemajuan teknologi yang dicapai perusahaan Korea Selatan tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)