Siap-siap, Harga Mobil Listrik Bakal Lebih Mahal Lagi

Minggu, 11 Desember 2022 - 06:30 WIB
loading...
A A A
BNEF melanjutkan kenaikan harga paket baterai mobil listrik diduga baru akan turun kembali di 2024. Hal itu berkaitan dengan adanya ekstraksi lithium di berbagai wilayah di dunia. Hal itu akan membuat harga lithium turun.



Kwasi Ampofo, analis BNEF lainnya mengatakan yang perlu dilakukan di tengah kondisi itu adalah memperbaiki rantai pasokan dan peningkatan kapasitas produksi baterai lithium ion. Jika itu tidak dilakukan maka harga paket baterai mobil listrik tetap akan mahal.

"Pasokan lithium tambahan dapat mengurangi tekanan pada harga pada tahun 2024, sementara geo-politik dan ketegangan perdagangan tetap menjadi ketidakpastian terbesar untuk harga logam baterai utama lainnya dalam jangka pendek,” terang Kwasi Ampofo.

Diketahui saat ini harga mobil listrik tidak bisa dibilang murah. Mobil listrik termurah di Indonesia saat ini Wuling Air ev dijual di harga Rp238 juta (standard range) dan Rp311 juta (long range). Harga itu murah karena baterai yang digunakan bukan lithium ion tapi lithium iron phospate.

Saat ini mobil listrik termurah yang menggunakan baterai lithium ion di Indonesia masih dipegang oleh Hyundai Kona Electric yang dijual di harga Rp742 juta. Harga itu lebih murah Rp6 juta dibanding mobil listrik entry level, Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range yang ada di harga Rp748 juta.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)