5 Kekurangan Mobil Otonom, dari Harga Tinggi hingga Masalah Mesin Sulit Diatasi

Kamis, 05 Januari 2023 - 17:15 WIB
loading...
5 Kekurangan Mobil Otonom, dari Harga Tinggi hingga Masalah Mesin Sulit Diatasi
Mobil Otonom memiliki beberapa kekurangan di balik banyaknya keunggulan yang ditawarkan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mobil Otonom memiliki beberapa kekurangan di balik banyaknya keunggulan yang ditawarkan. Munculnya mobil self-driving atau Otonom memang akan menjadi terobosan baru dalam perkembangan teknologi otomotif setelah munculnya mobil listrik.

Mobil yang dapat bergerak sendiri ini digadang-gadang dapat mengurangi kemacetan dan dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Namun setiap munculnya teknologi baru yang berkembang pasti selalu menghadirkan pro dan kontra. Karena dibalik keunggulannya ini terdapat pula beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mobil otonom sudah mulai marak digunakan di jalan.

Baca juga : Mobil Otonom Apple Akan Dibuat oleh Hyundai?

Berikut beberapa kekurangan mobil otonom :

1. Harga kendaraan yang tinggi

Adanya mobil yang mengusung teknologi baru yang belum pernah ada tentu membuat harganya menjulang tinggi jauh dari mobil konvensional.

Meskipun biaya produksi pembuatan mobil otonom telah di press, namun pemotongan tersebut tidak cukup rendah untuk menjadikannya alternatif yang layak secara finansial bagi kebanyakan orang. Butuh beberapa tahun lagi supaya mobil ini dapat dijangkau oleh beberapa kalangan menengah.

2. Masalah keamanan

Kemunculan mobil otonom ini juga dapat meningkatkan kemungkinan kejahatan cyber atau peretasan. Hal ini tentu harus diperhatikan bagi para produsen mobil karena sedikit terkena retasan saja memungkinkan mobil otomatis ini mengalami kerusakan sistem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)