Alasan Walikota Bandung Pilih Mobil Listrik Harga Rp800 Jutaan Ini Jadi Kendaraan Dinas

Senin, 09 Januari 2023 - 07:10 WIB
loading...
Alasan Walikota Bandung Pilih Mobil Listrik Harga Rp800 Jutaan Ini Jadi Kendaraan Dinas
Wali Kota Bandung Yana Mulyana memilih Ioniq 5 sebagai kendaraan dinas untuk mendukung program kendaraan listrik pemerintah. Foto: dok Humas Kota Bandung
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ikut mendorong peralihan mobil berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik. Ini ditunjukkan lewat pembelian mobil listrik yang digunakan sebagai kendaraan dinas Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ( Battery Electric Vehicle ) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dalam proses pengadaannya, bisa dilakukan dengan cara membeli atau menyewa, bahkan bekerja sama dengan produsen mobil listrik. Pemkot Bandung melakukan pengadaan mobil listrik dengan cara membeli menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

“Kota Bandung mengikuti arahan Presiden (beralih ke mobil listrik). Kami berharap bisa mendorong dan memperbaiki ekosistem lingkungan menjadi lebih hijau,” kata Yana.

Dalam penggunaan mobil listrik, Yana mengaku sempat menemui kesulitan dan butuh penyesuaian. Sebab, sangat berbeda dengan mobil konvensional. Namun, dirinya tetap mendukung peralihan ke era elektrifikasi.

"Ada penyesuaian. Seperti saat menyalakan. Tetapi tetap seru (saat menjajal mengendarai mobil listrik),” ujarnya.

Mobil listrik yang digunakan oleh Yana adalah Hyundai Ioniq 5, tapi belum diketahui secara pasti tipe apa. Yana berharap, kedepannya akan lebih banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Bandung

“Khususnya di Balai Kota. Kita berharap dibangun tempat pengisian daya, misalnya di Taman Dewi Sartika. Dan itu harus free (gratis). Sementara saya mengisi daya di rumah,” ucapnya.

Alasan Walikota Bandung Pilih Mobil Listrik Harga Rp800 Jutaan Ini Jadi Kendaraan Dinas

Hyundai Ioniq 5 yang digunakan Walikota Bandung Yana Mulyana. Foto: dok Pemkot Bandung

Sekadar informasi, Hyundai Ioniq 5 memiliki dua tipe baterai, yakni Standard Range dan Long Range, dengan dua model Prime dan Signature. Untuk kapasitas baterainya sebesar 400-800 Volt.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2118 seconds (11.210#12.26)