Banyak Motor Listrik Contek Desain Vespa, Ini Kata Piaggio Indonesia

Sabtu, 14 Januari 2023 - 17:53 WIB
loading...
Banyak Motor Listrik Contek Desain Vespa, Ini Kata Piaggio Indonesia
Piaggio Indonesia mengaku tidak ambil pusing dengan keberadaan berbagai model motor listrik yang desainnya mirip dengan Vespa. Tampak Vespa listrik Elettrica. Foto: dok Motorcycle
A A A
JAKARTA - Desain ikonik Vespa yang tak lekang waktu memang sangat diminati. Begitu diminatinya, hingga banyak pabrikan motor listrik China yang meniru mentah-mentah desain Vespa . Mulai dari warna-warna yang cerah, hingga desain bodinya yang khas.

Menanggapi hal tersebut, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia (PID) Ayu Hapsari mengaku enggan mempermasalahkan desain motor-motor listrik yang mirip Vespa tersebut. Menurutnya, konsumen saat ini sudah pandai dalam menilai sebuah produk.

“Kalau kita sih senang ya, artinya brand kita menginspirasi. Kalau soal ini (ditiru), sepertinya bukan Vespa saja. Pinsipal juga tidak ada teguran, jika dilihat secara detail tidak sama, sekilas mirip saja. Kalau mau mempersoalkan itu kan bentuknya sama persis gitu,” kata Ayu saat ditemui di Jakarta belum lama ini.

Bahkan, Ayu sempat datang ke sebuah pameran untuk melihat bagaimana bentuk motor listrik yang menyerupai Vespa. Setelah melihat, ia memastikan motor tersebut sangat berbeda dengan Vespa buatan Piaggio.

“Bagi kami sih artinya brand ini (Vespa) sangat menginspirasi. Kalau berbicara apakah masalah kemiripan, itu biar saja pasar yang menentukan. Konsumen juga sudah pandai kok dalam menilai,” ujarnya.

Piaggio Indonesia sendiri sudah membangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat yang baru memproduksi Vespa LX125. Ke depannya, akan ada rencana membawa produk baru untuk dirakit di pabrik tersebut demi menekan ongkos produksi.

“Kalau kita mau membawa produk baru dan apa pun itu, semuanya harus sesuai standar global Piaggio Group. Jadi, kita punya standar pabriknya seperti apa dan kualitasnya seperti apa,” ucap Ayu.

BACA JUGA: Piaggio Indonesia Pede Jualan Vespa Tetap Tinggi Meski Ada Ancaman Resesi di 2023

Selain itu, Piaggio Indonesia juga siap membawa Vespa listrik, Elettrica jika semua infrastruktur yang dibutuhkan sudah terbangun. Bukan hanya pengisian daya, tapi mempersiapkan SDM agar siap menangani keluhan pada motor listrik.

“Persiapan selalu ada tapi kita perlu mengedukasi. Kita semua tahu edukasi itu bukan bukan hanya alat ya, tapi mengedukasi mekanik dan semua struktur yang ada di dalam dealer kita,” ungkap Ayu.

“Itu adalah kelebihan kita, yang menandakan bahwa kita bukan cuma mau jual produk tapi memang menjual service yang ada setelah mereka membeli produk kita apa pun produknya,”tutupnya.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1573 seconds (10.101#12.26)