FBI Grebek Perusahaan China Salah Satu Peserta CES 2016

Jum'at, 08 Januari 2016 - 20:23 WIB
FBI Grebek Perusahaan...
FBI Grebek Perusahaan China Salah Satu Peserta CES 2016
A A A
LAS VEGAS - Ada yang berbeda di ajang CES 2016, bukan karena produk yang canggih atau luar biasa. Namun, saat pameran berlangsung beberapa anggota FBI yang mengenakan seragam dengan lencana lengkap menggerebek salah satu stan pameran.

Seperti dilansir dari Engadget, Jumat (8/1/2016), stan itu adalah stan hoverboard dari perusahaan China, Changzhou First International Trade. Pasalnya perusahaan tersebut telah meniru desain hoverboard roda satu milik perusahaan startup asal Silicon Valley, First Motion.

Seperti diinformasikan First Motion sebenarnya telah memperkenalkan hoverboard serupa, dengan nama Onewheel tahun lalu di ajang yang sama. Bahkan First Motion mendapatkan pendanaan melalui situs Kickstarter sebesar USD630.000 USD atau sekitar Rp8,7 miliar.

Pihak First Motion telah mematenkan hoverboard roda satu pada Agustus 2015 lalu. Dan mendapatkan paten kedua, seminggu sebelum ajang CES 2016 dimulai atas desain Onewheel.

Sebelum terjadi penggerebekan, pengacara dari First Motion, Shawn Kolitch, telah melayangkan surat kepada Changzhou First International Trade untuk menghentikan segala aktifitas penjualan hoverboard yang mirip dengan milik mereka.

Namun, pihak perusahaan China ini tak menanggapi isi surat ini. Bukan hanya itu saja teguran yang dilakukan, satu hari sebelum pembukaan CES 2016, Kolitch langsung mendatangi stan perusahaan China tersebut. Tapi tak membuahkan hasil bahkan mereka meremehkan.

Tindakan First Motion akhirnya mengajukan gugatan kepada penegak hukum setempat hari Rabu lalu. Tujuannya menghentikan perusahaan China tersebut memperkenalkan produk hoverboard yang mirip dengan milik First Motion. Setelah kejadian itu, stan tersebut kini kosong tanpa ada yang mengisinya lagi.

Seperti diketahui, bukan rahasia lagi apa saja bisa dibuat KW-nya (tiruannya) di negara China. Mulai dari perangkat gadget hingga kendaraan mewah. Harganya pun sudah pasti jauh lebih murah dibanding yang paten. Misalnya Onewheel dibanderol USD1500 atau sekitar Rp21 juta. Sementara hoverboard produk dari Changzhou First International Trade dibanderol hanya USD500 USD Rp7 juta.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2755 seconds (0.1#10.140)