Perpaduan Ketangguhan dan Kenyamanan All New Mazda CX-5

Jum'at, 18 Maret 2016 - 17:36 WIB
Perpaduan Ketangguhan dan Kenyamanan All New Mazda CX-5
Perpaduan Ketangguhan dan Kenyamanan All New Mazda CX-5
A A A
PURWAKARTA - Dalam rangkaian uji ketangguhan teknologi Skyativ, bertajuk “Mazda Drive a Life”, Sindonews berkesempatan menunggangi tiga mobil andalan Mazda, yakni All New Mazda2, Mazda CX-5 dan Mazda6. Rute yang ditempuh adalah Jakarta-Bandung.

Kendaraan pertama yang dijajal Sindonews adalah mobil sport utility vehicle (SUV) Mazda CX-5 Touring, dengan rute awal Jakarta-Ciganea yang menempuh jarak 101 km. Saat Sindonews duduk di kursi kemudi, terasa lapang dan nyaman dengan bangku yang dapat diatur sesuai dengan postur tubuh pengendara. Sunroof dapat dibuka-tutup dengan mudah untuk menikmati udara segar dari alam selama berkendara.

Mengusung Skyactiv G, mesin bensin hasil karya Mazda ini sangat efisien, namun tetap bertenaga. Di mana compression ratio sangat tinggi sebesar 13.0:1, pertama kali diterapkan pada kendaraan produksi massal bermesin bensin di dunia. Hal ini menjadikannya sebagai mobil SUV yang irit dan dibuktikan Sindonews saat menempuh perjalanan.

Efisiensi tersebut dihasilkan berkat teknologi direct injection memungkinkan bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar sehingga menghasilkan output tenaga dan efisiensi lebih besar.

Penggunaan 4-2-1 exhaust system, cavity pistons, injektor multi-lubang dan inovasi lainnya memungkinkan penggunaan compression ratio tinggi. Kemudian, pemakaian balance shaft terasa menekan vibrasi dan kebisingan mesin nyaris tak terdengar.

Mazda CX 5 yang memiliki transmisi otomatis 6 percepatan generasi terbaru memiliki segala kelebihan dari semua jenis teknologi transmisi, baik transmisi otomatis konvensional, Continous Variable Transmission maupun Dual Clutch Transmission dimiliki. Performa ini terbukti saat Sindonews menggenjotnya.

Rentang lock-up yang sangat lebar, meningkatkan efisiensi transfer torsi dan rasa layaknya transmisi manual. Hal ini dicoba Sindonews saat menggunakan mode manual, tarikan dari gigi rendah dan tinggi sangat cepat dengan Dual Clutch Transmission namun tetap halus dalam pengoperasiannya.

Bobot mobil yang ringan serta berukuran ringkas, memberikan kontribusi terhadap berat keseluruhan kendaraan, sehingga sangat lincah. Kemampuan “membaca” situasi pengemudian untuk menentukan posisi gigi yang paling sesuai dengan kondisi (Active Adaptive Shift) terasa halus. Sementara tingkat penghematan konsumsi bahan bakar tambahan sebesar 4,7% lebih baik dari transmisi otomatis biasa.

Mode sport yang terbenam di dalamnya sangat membantu bagi Anda yang ingin berkendara dengan performa tinggi. Tarikan mesin sangat terasa bertenaga saat pedal gas diinjak. Namun, posisi kendaraan tetap stabil dan enak diajak berakselerasi.

Menariknya fitur i-Stop (Idling Stop System), yakni sistem pengehematan bahan bakar untuk memberhentikan mesin sementara ketika kendaraan berhenti, dan seluruh perangkat di dalam mobil dapat kembali berfungsi secara normal, sangat membantu efisiensi bahan bakar.

Mengusung teknologi i-ELOOP dan i-Stop, kedua sistem ini dapat bekerja secara bersamaan untuk menghemat bahan bakar. Mesin dapat bekerja secara otomatis ketika kendaraan telah siap untuk berjalan hanya dalam waktu 0,35 detik.

President Director PT Mazda Motor Indonesia, Keizo Okue mengemukakan! melalui kegiatan "Mazda Drive a Life", pihaknya ingin memberikan pengalaman berkendara yang lebih hidup, terbungkus nuansa premium yang hadir dalam jajaran produk Mazda generasi terbaru yang digunakan media drive.

"Berdasarkan semangat Be Alive, kami ingin mengajak para pecinta Mazda untuk merasakan warna tersendiri ketika mereka mengendarai mobil Mazda mulai dari Jakarta hingga tiba di Bandung dan kembali lagi ke Jakarta," ujarnya.

Dia mengharapkan agar perjalanan kali ini dapat memberikan gambaran langsung tentang filosofi "Jinba-Ittai" khas Mazda, yaitu suatu kesatuan antara kendaraan dan pengendara yang terefleksikan di setiap rancangan Mazda yang unik dengan elegan.

Selepas Ciganea, Sindonews bersama wartawan lainnya melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan jarak sekitar 68,2 km. Adapun mobil yang digunakan Sindonews menuju Bandung adalah mobil hatchback All New Mazda2 Type R. Bagaimana performa mobil ini, ikuti perjalanan Sindonews selanjutnya.‎
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9089 seconds (0.1#10.140)