Komponen Lokal dan Kualitas SDM, Kunci Jadi Industri Automotif Terbesar di ASEAN

Senin, 09 Mei 2016 - 20:12 WIB
Komponen Lokal dan Kualitas SDM, Kunci Jadi Industri Automotif Terbesar di ASEAN
Komponen Lokal dan Kualitas SDM, Kunci Jadi Industri Automotif Terbesar di ASEAN
A A A
JAKARTA - Naiknya kelas menengah Indonesia membuat permintaan terhadap kebutuhan automotif mengalami peningkatan. Bahkan di prediksi, industri automotif tanah air dapat menjadi pasar terbesar di kawasan ASEAN.

Indonesia berpeluang menjadi pemain utama menggeser Thailand yang saat ini masih mendominasi industri automotif. Untuk mencapai hal tersebut, tentu diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan, terutama masalah komponen import.

"Saat ini banyak material yang kita masih import, dimana hal tersebut seharusnya bisa kita lakukan sendiri. Contohnya, alumumium untuk velg saja kita masih import. Padahal kita punya yang 100 persen Indonesia," ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, Senin (9/5/2016).

Bahkan, Warih menambahkan, import untuk alumunium juga dilakukan dari negara yang sebenarnya tidak punya apa-apa seperti Dubai. Oleh karena itu hal ini perlu dibicarakan agar kedepannya ini juga bisa kita produksi di Indonesia, tentunya dengan dukungan dari Pemerintah dan berbagai pihak.

Selain ketergantungan terhadap barang import, guna mendorong kemajuan industri automotif tanah air diperlukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Sebab sepesat apapun pertumbuhan industri, SDM merupakan salah satu pilar kunci.

"SDM kita juga harus lebih kuat. Dalam hal ini industri juga harus turut membangun orang-orang yang memiliki skill. Jadi ketika orang bekerja di sebuah industri selama dua atau tiga tahun, mereka harus dibekali sertifikat yang bisa dipakai di tempat lain. Karena diluar negeri hal ini merupakan satu keharusan, jadi orang mau bekerja dan sudah memiliki sertifikat itu punya nilai lebih," tutupnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9277 seconds (0.1#10.140)