Ini Jadinya Bila Bus Terinspirasi Sepeda Motor

Kamis, 13 April 2017 - 20:31 WIB
Ini Jadinya Bila Bus Terinspirasi Sepeda Motor
Ini Jadinya Bila Bus Terinspirasi Sepeda Motor
A A A
MONTREAL - Mobil konsep biasanya kerap menjadi cikal bakal sebuah kendaraan di masa depan. Maka tak jarang bentuk yang ditampilkan berbeda dengan mobil kebanyakan.

Sebagai sebuah mobil konsep, seorang desainer biasanya memiliki inspirasi tersendiri. Uniknya, seorang desainer asal Montreal, Kanada, Bing Xiao Liu justru terinspirasi dari sebuah sepeda motor dalam mengembangkan mobil konsep garapannya.

Tidak tanggung-tanggung mobil konsep garapannya ini berjenis Bus. Diberi nama Siroco, mobil ini diharapkan akan menjadi bus sepeda motor pertama di dunia.

Dilansir dari Imaginactive, Kamis (13/4/2017), Liu menjelaskan dalam membangun kendaraan ini dirinya menggunakan teknologi Gyroscope untuk membuat bus seimbang saat melaju. Teknologi tersebut serupa dengan Honda Riding Assist dan BMW Next 100 concept.

"Teknologi Gyroscopic memungkinkan Siroco berjalan tegak saat melaju. Sehingga, saat melintasi di tikungan dapat berjalan lebih cepat dan tidak mengonsumsi banyak badan jalan," ujarnya.

Liu mengatakan, Siroco akan ditenagai baterai dan dikendalikan dengan sistem auto-pilot. Adapun penempatan baterai sangat vital agar bus dapat melaju secara seimbang.

Walau masih berbentuk konsep, Siroco diharapkan dapat bermanfaat di kota-kota kecil, di mana ruas jalan tidak terlalu lebar.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9885 seconds (0.1#10.140)