Herculon Pasok Non-Woven Material untuk Toyota Indonesia

Kamis, 13 Juli 2017 - 05:35 WIB
Herculon Pasok Non-Woven Material untuk Toyota Indonesia
Herculon Pasok Non-Woven Material untuk Toyota Indonesia
A A A
JAKARTA - PT Herculon Carpet (Herculon), perusahaan nasional dari Semarang, Jawa Tengah, berhasil mengisi peluang kerja sama peningkatan penggunaan kandungan lokal oleh Toyota Indonesia.
Produsen karpet untuk automotif dan home decoration ini mendapat kepercayaan memasok kebutuhan non-woven untuk material komponen mobil yang diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Kiprah Herculon ini ditandai melalui acara pengiriman perdana non-woven sebagai raw material ke PT Inoac Polytechno Indonesia (IPI), salah satu perusahaan pemasok komponen tingkat pertama (1st Tier) TMMIN.

"Terima kasih atas kerja sama dan kepercayaan Toyota Indonesia dan Inoac Polytechno Indonesia sehingga Herculon bisa memasok produk non-woven untuk komponen headlining mobil Toyota yang diproduksi di Indonesia," kata Presiden Direktur Herculon, Jauw Tung Lin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/7/2017)

Keberhasilan Herculon menembus industri automotif ini menjadi bukti semakin baiknya kemampuan industri petrokimia Indonesia untuk bersaing dengan pemasok negara lain dalam memenuhi persyaratan internasional tinggi yang diimplementasikan oleh merek-merek automotif global.

Selain merupakan lahan pemasaran baru yang akan terus meningkat seiring perkembangan industri automotif, terobosan ini akan mendukung upaya pemerintah untuk makin memperkuat struktur industri nasional.

Di industri automotif, terobosan seperti yang dilakukan Herculon memperlihatkan makin berperannya industri-industri pendukungnya, terutama dari industri hulu dan raw material. Hal tersebut juga mendukung upaya peningkatan kandungan "true localization" di industri automotif sekaligus mengurangi ketergantungan barang-barang impor sehingga menghemat devisa negara.

Non-woven yang merupakan salah satu produk hilir industri petrokimia adalah material untuk surface headlining (pelapis atap bagian dalam) yang akan digunakan untuk model Toyota Fortuner yang diproduksi TMMIN di Karawang Plant 1, Jawa Barat.

Selain material non-woven untuk surface headlining, Herculon melalui 2 pabriknya yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, saat ini juga memasok material untuk komponen automotif lainnya, seperti floor carpet, back seat carpet, trunk-luggage carpet, dan trim carpet bagi Toyota dan merek otomotif lainnya.

Sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan non-woven material TMMIN sepenuhnya menggunakan produk impor sehingga dengan langkah kerja sama ini kebutuhan impor dan devisa menjadi berkurang.

Dalam waktu dekat, Herculon berencana untuk memasok non-woven material untuk model Toyota Yaris dan Toyota Vios. Sedangkan brand lain yang sudah memakai non-woven material Herculon saat ini adalah mobil Isuzu dan Suzuki.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9346 seconds (0.1#10.140)