Empat Merek Mobil Saingan Terberat Small MPV Mitsubshi

Senin, 24 Juli 2017 - 17:05 WIB
Empat Merek Mobil Saingan...
Empat Merek Mobil Saingan Terberat Small MPV Mitsubshi
A A A
JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) telah memperkenalan produk mobil small MPV anyar mereka. Namun kehadiran Small MPV Mitsubshi ini bukanlah yang pertama di Indonesia, Pasalnya sebelumnya sudah ada 4 varian yang bercokol lebih dahulu.

Model MPV ini diproduksi pabrik perakitan baru Mitsubishi Motors yang terletak di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dan akan diluncurkan pasar Indonesia pada semester kedua 2017 di GIIAS, pada Agustus medatang. Nama produk ini juga akan diumumkan pada pameran tersebut.

Sebagai gambaran desain khas MPV dan SUV Mitsubishi menonjolkan kesan khas Mitsubishi pada pandangan pertama. Kendaraan berkapasitas tujuh penumpang ini menggabungkan performa jalan dan dinamika pengendaraan sekaligus menjaga efisiensi bahan bakar. Mobil ini didukung mesin 1.5 L baik pada transmisi manual maupun otomatis.

Namun pastinya Small-MPV Mitsubshi akan mendapatkan tantangan keras dari pendahulunya yakni Totota Avanza, Nissan Livina, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Toyota Avanza

Mobil Toyota Avanza tak pernah absen dari puncak segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) murah sejak diluncurkan 2003 silam.

Avanza lahir melalui perjalanan panjang. Berawal dari krisis moneter pada 1998 yang melanda Tanah Air, harga kendaraan melambung ke level tertingi dalam sejarah automotif di Indonesia.
Empat Merek Mobil Saingan Terberat Small MPV Mitsubshi

Saat itu, Toyota Kijang yang merupakan kendaraan favorit keluarga dengan harga terjangkau terpaksa mengalami kenaikan. Padahal, Kijang adalah mobil yang cocok dengan masyarakat Indonesia yang guyub.

Hal ini yang membuat Toyota berusaha merumuskan mobil baru di segmen mobil keluarga. Pengalaman membesarkan nama Kijang sejak era 1970-an adalah bekal berharga untuk menciptakan kembali mobil keluarga Indonesia.

Toyota Avanza adalah produk costumer oriented yang dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri. Serangkaian survei dilakukan untuk memastikan seperti apa sebetulnya kebutuhan masyarakat Indonesia. Untuk memastikan hal itu, Toyota turun ke lapangan hingga pelosok daerah.

Nissan Grand Livina

Nissan memasuki pasar mobil MPV dengan Livina pada tahun 2007 lalu. Dari data PT Nissan Motor Indonesia, sudah ada 208.000 unit mobil Grand Livina di seluruh Indonesia.

Empat Merek Mobil Saingan Terberat Small MPV Mitsubshi


Tapi yang menarik, sejak 2007 lalu, dari sisi desain, Nissan tidak terlalu banyak melakukan perubahan pada Livina. Orang masih mengenang Livina dengan bodinya.

Meski begitu, baik dari sisi fitur, mesin, transmisi, sepanjang hampir 10 tahun sejarahnya di Indonesia, Livina sudah banyak berubah.

Suzuki Ertiga

Awalnya, Ertiga ini hadir sebagai mobil konsep yang bernama RIII di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dan tampil perdana secara global di ajang Auto Expo 2012, New Delhi, pada Januari lalu. Setelah resmi mengaspal di India, kini Suzuki Ertiga resmi menyapa aspal Tanah Air oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Empat Merek Mobil Saingan Terberat Small MPV Mitsubshi


Nama Ertiga ini sendiri berasal dari bahasa Indonesia, yakni gabungan kata Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan tiga dari angka 3. Jadi Ertiga berarti mobil yang memiliki tiga baris pada interiornya dengan kapasitas tujuh orang penumpang.

Ertiga ditawarkan dalam pilihan mesin bensin serta diesel dengan beberapa variant diantaranya LXI, VXI, ZXI, LDI, VDI dan ZDI. Maruti menyebut flagship anyarnya ini sebagai kendaraan bergenre LUV atau Life Utility Vehicle pertama di dunia.
Sedangkan di tanah air, mobil ini pertama kali ditawarkan dalam 3 buah type yaitu GA, GL dan GX semuanya dalam versi transmisi manual. Namun dalam perjalanannya, SIS kemudian menghadirkan beberapa model terbaru.

Honda Mobilio

Pada tahun 2014 PT Honda Prospect Motor melahirkan mobil cantik yang diberi nama Honda Mobilio memang ditunggu-tunggu pasar Indonesia. Mobil yang kini telah menjadi Multi-Purpose Vehicle (MPV) itu pertama kali muncul di Indonesia International Motor Show September 2013.

Empat Merek Mobil Saingan Terberat Small MPV Mitsubshi


sementara New Honda Mobilio pertama kali diperkenalkan ke publik Tanah Air pada 12 Januari 2017 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Model terbaru Honda ini tampil dengan perubahan besar pada eksterior, interior dan fitur yang semakin lengkap.

Perubahan besar ini merupakan yang pertama kalinya bagi Honda Mobilio sejak diluncurkan pada tahun 2014 dan Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkannya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6999 seconds (0.1#10.140)