Kembalikan Performa, Mobil Tua Perlu Sentuhan Kalibrasi

Rabu, 20 September 2017 - 21:01 WIB
loading...
Kembalikan Performa, Mobil Tua Perlu Sentuhan Kalibrasi
Kembalikan Performa, Mobil Tua Perlu Sentuhan Kalibrasi
JAKARTA - Semakin bertambah usia mobil, jelas semakin berkurang performanya. Penurunan kualitas salah satunya ada pada sensor dan kabel-kabel.

Agar bekerja dengan optimal, salah satu bagian paling vital dari sistem, yaitu injektor harus dirawat. Seiring waktu dan kondisi, perangkat ini perlu treatment agar tetap bekerja secara optimal.

"Memamng mobil kalau sudah lama itu perlu di kalibrasi. Fungsinya agar performa mobil kembali seperti semula," ujar Reiner Tandiono, Sales Support Departement Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia, di Bekasi, Rabu (20/9/2017).

Hanya saja untuk jangka waktu berapa mobil perlu lsi kalibrasi pria berkacamata ini belum bisa menjelaskan. Namun hal tersebut bisa dilihat dalam beberapa kondisi.

"Perlu di kalibarasi saya kurang tahu waktu pastinya. Bisa saja berdasarkan jarak tempuh berapa kilometer. Tapi kalau sudah lama memang perlu untuk di kalibrasi," terangnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, kalibrasi atau pemeriksaan dan penyetelan untuk mobil-mobil Jepang rata-rata dilakukan di usia 10-15 tahun, sementara mobil Eropa 8-9 tahun.

(wbs)
preload video
Topik Terkait
Komentar Anda
OTO UPDATE