Hyundai Siapkan Teknologi Anti-Kantuk Saat Berkendara

Kamis, 04 Januari 2018 - 12:30 WIB
Hyundai Siapkan Teknologi Anti-Kantuk Saat Berkendara
Hyundai Siapkan Teknologi Anti-Kantuk Saat Berkendara
A A A
CALIFORNIA - Kemajuan teknologi telah merambah ke berbagai bidang, termasuk automotif. Tak heran sejumlah pabrikan kini semakin gencar menyematkan teknologi pintar pada kendaraannya.

Memanfaatkan ajang Consumer Electrics Show (CES) 2018, rencananya Hyundai akan memperkenalkan sebuah fitur baru yang di beri nama Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDRE).

Fitur ini berfungsi mencegah terjadinya kecelakaan akibat pengemudi yang mengantuk. Melalui kamera infra merah, fitur bekerja menganalisis raut serta gerakan wajah pengemudi untuk melihat tanda-tanda kantuk.

Selain itu, fitur ini juga akan memantau apakah pengemudi berkendara keluar dari jalur atau membuat gerakan tak menentu yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Jika terbukti pengemudi mengantuk, maka DDRE secara otomatis akan mengalihkan ke mode mengemudi otonom Level 4 supaya mengarahkan mobil ke jalur atau tempat yang aman dan berhenti.

"Kami membangun sebuah teknologi yang akan menyelamatkan banyak nyawa dan menawarkan ketenangan pikiran kepada para pengemudi dan penumpang," kata Direktur Pengembangan Kendaraan Otonom Hyundai Mobis Amerika Utara, David Agnew dikutip dari Carcoops, Kamis (4/1/2018).

Hyundai Mobis menyatakan teknologi ini siap digunakan pada 2022. Teknologi tersebut bahkan nantinya menjadi salah satu persyaratan keselamatan tambahan di mobil.

Untuk diketahui, AAA Foundation sebagai federasi keselamatan lalu lintas Amerika Serikat (AS) memperkirakan lebih dari 20% kecelakaan lalu lintas di AS karena pengemudi mengantuk. Akibatnya terjadi sekitar 7.000 kematian setiap tahunnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7589 seconds (0.1#10.140)