Bus Listrik Anak Bangsa Ikutan Tampil di GIICOMVEC 2018

Jum'at, 02 Maret 2018 - 09:02 WIB
Bus Listrik Anak Bangsa...
Bus Listrik Anak Bangsa Ikutan Tampil di GIICOMVEC 2018
A A A
JAKARTA - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) turut ambil bagian dalam ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018. Melalui pameran yang di helat 1-4 Maret ini, MAB memamerkan bus listrik garapannya.

Direktur Teknik PT MAB, Bambang Tri Sasongko mengatakan, bus listrik saat ini sudah memasuki tahapan produksi purwarupa II yang telah mengaplikasikan sistem mechatronics. Bus MAB terseut nantinya akan diproduksi masal secara mandiri dengan meliatkan anak bangsa.

"Bus MAB sudah menggunakan komponen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) diatas 45%. Nantinya bus dirancang untuk beroperasi sebagai bus transportasi dalam kota dan antar kota," ujar Bambang, di JCC, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Ia menambahkan, selain memiliki tujuan komersial, produksi bus listrik MAB tersebut juga didukung oleh semangat berkendaraan ramah lingkungan dengan menggunakan bahan bakar listrik tanpa emisi. "Kami juga akan membuka kesempatan bagi paratenaga ahli di Indonesia untuk sama-sama mengajukan gagasan dan pelaksanaan semangat energi untuk masa depan yang lebih baik," paparnya.

Ide untuk memproduksi bus listrik sendiri berawal dari gagasan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Produksi tersebut diwujudkan sebagai bentuk dukungan atas program pemerintah dalam rencana umum energi nasional. Hal ini sesuai dengan komitmen pemerintah melalui penandatanganan kesepakatan di Konfrensi Perubahan Iklim ke-21 di Paris, Perancis 2015 silam.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7592 seconds (0.1#10.140)