Porsche 718 Cayman GTS, Sisi Garang dari Cayman

Kamis, 31 Mei 2018 - 11:22 WIB
Porsche 718 Cayman GTS, Sisi Garang dari Cayman
Porsche 718 Cayman GTS, Sisi Garang dari Cayman
A A A
PORSCHE 718 Cayman GTS menunjukkan sisi garang Porsche Cayman. Inilah Porsche entry level yang menolak dipandang sebelah mata.

Jujur saja, banyak orang memandang sebelah mata keluarga Porsche Cayman. Bukan karena bentuk dan mesinnya yang lebih kompak ketimbang keluarga Porsche lainnya, melainkan karena posisi mobil ini ada di wilayah entry level.

Ibaratnya, keluarga Porsche Cayman seolah-olah didedikasikan untuk orang yang pertama kali ingin mencoba Porsche, lebih kasar lagi bagi orang yang tidak mampu membeli Porsche di atasnya. Padahal untuk kisaran harga, Porsche Cayman juga tidak murah-murah amat.

Meski Eurokars Artha Utama yang meluncurkan mobil ini kemarin tidak merilis harga resminya, harga Porsche Cayman tembus di atas Rp1 miliar lebih. Belum lagi soal desain yang terbilang menarik karena bagi orang yang belum mengenal dekat Porsche, pasti menyangka mobil ini adalah Porsche 911.

Tetapi tetap saja, begitu tahu namanya Porsche Cayman, banyak orang sudah underestimate. Jawaban atas peremehan tersebut, hadirlah Porsche 718 Cayman GTS. Apa lagi itu? Keluarga Porsche memang punya hierarki di setiap variannya yang diukur dari performa dan sistem penggerak rodanya.

Nah, GTS adalah varian yang menjadi jembatan antara mobil seharihari Porsche dengan mobil Porsche beperforma tinggi dan siap dibawa ke sirkuit. Singkatnya, Porsche 718 Cayman GTS adalah entry level Porsche, punya performa tinggi, bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, dan jika ingin menuntaskan dahaga adrenalin bisa membawanya ke sirkuit.

Tenaga mobil ini memang lebih besar daripada Porsche 718 Cayman biasa. Tenaganya kini menjadi 365 daya kuda atau meningkat 35 daya kuda. Ini terjadi karena Porsche memasang intake duct yang baru dikembangkan dan tentu pemasangan turbocharger yang telah dioptimalkan untuk mesin boxer empat silinder yang berkapasitas 2,5 liter.

Dipadukan torsi 430 Nm, mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,1 detik. Top Speed mencapai 290 km/jam. Dengan harga yang lebih mahal dari Porsche Cayman lainnya, tentu Anda akan meminta kelebihan lainnya. Porsche memahami hal tersebut, makanya mereka memberikan visualisasi yang berbeda untuk mobil ini.

Apron sport design baru di bagian depan kendaraan menekankan karakter sportifnya. Seperti pada umumnya untuk model GTS, modul lampu depan dan lampu utama LED penuh detail hitam. Di bagian belakang kendaraan, tinted tail lights, logo hitam, apron belakang hitam, dan tailpipes hitam yang diposisikan sentral dari sport exhaust system standar memberi 718 Cayman GTS penampilan yang unik.

Logo GTS hitam di bagian bawah pintu dan roda 20 inci dicat hitam (satin finish) yang melengkapi tampilan pada bagian samping. Gen GTS juga mendefinisikan interiornya. Stopwatch dari Sport Chrono Package (disertakan sebagai standar) terintegrasi sebagai komponen utama dasbor.

Baik pengemudi maupun penumpang depan dapat menikmati sports seats yang menampilkan Alcantara seperti halnya model Porsche GTS lainnya. Sport seats plus dengan logo GTS di sandaran kepala dapat disesuaikan secara elektronik dengan dua cara dan memberikan peningkatan dukungan lateral dan kenyamanan.

Selain itu, interiornya memiliki proporsi Alcantara yang tinggi, yang dapat ditemukan pada trim setir, konsol tengah, dan sandaran lengan. Bagi yang suka mengemudikan mobil ini di sirkuit, Porsche menyediakan Porsche Track Precision App (PTPA) yang memungkinkan pengendara merekam, menampilkan, dan menganalisis data mengemudi secara otomatis di smartphone mereka. Jadi, jangan lagi meng anggap enteng mobil Porsche entry level ini. (Wahyu Sibarani)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7370 seconds (0.1#10.140)