BMW i Wallbox Plus Tersedia di Pertamina Green Energy Station

Senin, 10 Desember 2018 - 21:28 WIB
BMW i Wallbox Plus Tersedia di Pertamina Green Energy Station
BMW i Wallbox Plus Tersedia di Pertamina Green Energy Station
A A A
JAKARTA - Pertamina hari ini meluncurkan pilot project dari Green Energy Station (GES) di SPBU Kuningan dengan menyediakan stasiun pengisian energi untuk kendaraan listrik. Satu charging station disediakan bekerja sama dengan BMW Group Indonesia dalam bentuk BMW i Wallbox Plus.

Fasilitas itu diinstal dengan konfigurasi 3 phase 22kW dan dapat diaktifkan dengan teknologi RFID. Inisiatif ini digagas Pertamina mengingat terjadinya pergeseran global di industri automotif dari Internal Combustion Engine menjadi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Electric Vehicle (EV).

BMW Group Indonesia sendiri adalah perusahaan pertama di Indonesia yang menjual kendaraan PHEV sejak 2016. Saat itu pabrikan asal Jerman ini meluncurkan BMW i8 di GIIAS 2016.

“BMW Group Indonesia merupakan brand pelopor yang menghadirkan kendaraan listrik secara global dan yang pertama menjual kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle di Indonesia. Untuk mendorong kesiapan kendaraan listrik, BMW Group Indonesia memberikan dukungan kepada Pertamina melalui informasi mendalam seputar teknologi kendaraan listrik," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia di Jakarta, Senin (10/12/2018).

BMW Group, kata dia, berpengalaman dalam mengimplementasikan charging grid di negara lain, melakukan uji coba manfaat dan biaya operasional kendaraan listrik. "Sekarang kami menyediakan BMW i Wallbox Plus di Pertamina Green Energy Station,” imbuh Ramesh Divyanathan.

Secara global BMW telah mengembangkan jaringan pengisian energi kendaraan listrik di lebih dari 30 negara dan 120.000 titik di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, klaim dia, selain telah menghadirkan kendaraan sports ikonik Plug-in Hybrid Electric Vehicle seperti BMW i8 Coupe dan BMW i8 Roadster, hingga saat ini BMW telah miliki dua dealer yang mendukung layanan aftersales dan service kendaraan listrik yaitu BMW Astra Serpong dan BMW Tunas Tebet.

BMW i Wallbox Plus
BMW i Wallbox Plus merupakan alat pengisian standar yang disediakan untuk pemilik BMW i dan iPerformance kedepannya. Seluruh pelanggan yang membeli BMW i8 Coupe dan BMW i8 Roadster akan mendapatkan BMW i Wallbox Plus dan juga proses instalasi di rumah dengan supervisi dan biaya yang ditanggung BMW Group Indonesia.

Instalasi charging station ini sendiri dapat disesuaikan dengan kapasitas listrik rumah dan kebutuhan kendaraan melalui konfigurasi 1 phase 7,4kW hingga 3 phase 22kW. "BMW i Wallbox Plus generasi terbaru memiliki dimensi yang 40% lebih kompak dan waktu pengisian kembali 70% lebih cepat dibandingkan pendahulunya, dan memiliki fitur keamanan tambahan dengan penggunaan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) untuk aktivasi," tuturnya.

Angka penjualan global menunjukkan BMW Group memimpin pasar kendaraan roda empat dengan sistem penggerak listrik. Hingga akhir 2017, lebih dari 100.000 unit kendaraan listrik dan plug-in-hybrid telah dikirimkan kepada pelanggan di seluruh dunia. Tahun ini korporasi menargetkan 140.000 unit secara global.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4160 seconds (0.1#10.140)