Toyota dan Panasonic Sepakat Bikin Baterai Mobil Listrik

Kamis, 24 Januari 2019 - 18:02 WIB
Toyota dan Panasonic...
Toyota dan Panasonic Sepakat Bikin Baterai Mobil Listrik
A A A
TOKYO - Toyota Motor Corp dan Panasonic Corp umumkan kerjasama mulai tahun depan untuk memproduksi baterai listrik untuk kendaraan bertenaga listrik.

Perjanjian antara kedua perusahaan melihat 51% kepemilikan Toyota atas kemitraan dan sisanya dipegang oleh Panasonic.

Ini juga akan sepenuhnya memanfaatkan aset dan peralatan yang ada dari Toyota dan Panasonic untuk menghasilkan paket baterai EV, sementara Panasonic juga dikatakan telah memindahkan kemampuan manufaktur mereka di Jepang dan Cina untuk menghasilkan baterai yang lebih tipis.

Seperti dilansir dari Reuters, Baterai juga akan dijual ke beberapa perusahaan otomotif global. Panasonic adalah salah satu produsen baterai EV terbesar di dunia, selain Samsung SDI Co. dan LG Chem di Korea, serta CATL di China.

"Selain perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobil, yang kini mulai beralih ke kendaraan terhubung dan otonom, dunia otomotif juga diminta membantu menemukan solusi terkait pemanasan global, sumber daya dan energi," kata Toyota.

Perusahaan patungan juga melihat Toyota sebagai produsen otomotif untuk memperluas ruang lingkup bisnis mereka ke pengembangan dan produksi baterai EV.

Ruang lingkup operasi bisnis perusahaan mencakup penelitian, pengembangan, teknik produksi, manufaktur, pengadaan, penerimaan pesanan, dan manajemen terkait dengan baterai lithium-ion otomotif, baterai solid-state, dan baterai generasi masa depan.

Toyota akan mentransfer peralatan dan personel ke perusahaan patungan di bidang pengembangan dan teknik produksi terkait dengan sel baterai.

Sementara Panasonic, mengirimkan peralatan, aset lain, personel, dan barang-barang lain ke perusahaan patungan di bidang pengembangan, teknik produksi, manufaktur di pabrik Jepang dan China.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)