Generasi ke-10 All New Honda Accord Mesin Makin Kecil

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:59 WIB
Generasi ke-10 All New Honda Accord Mesin Makin Kecil
Generasi ke-10 All New Honda Accord Mesin Makin Kecil
A A A
GENERASI ke-10 All New Honda Accord tidak hanya mengusung desain lebih besar, kabin lebih luas, dan keamanan lebih baik, tetapi juga semakin menegaskan langkah Honda terhadap strategi engine downsizing, yakni merampingkan mesin dan menambah turbocharger. Hasilnya, mobil lebih irit tapi tenaga jauh lebih besar.

All New Honda Accord terbaru didukung mesin baru 1,5 L VTEC Turbo Engine dengan CVT with Earth Dreams Technology yang meningkatkan performanya hingga 190 PS dan torsi maksimal 260 Nm pada 1.600-5.000 rpm, jauh lebih besar dibanding Honda Accord generasi sebelumnya yang menggendong mesin Earth Dream Technology 2,4 L DOHC i-VTEC dengan tenaga sebesar 176 PS pada 6.200 rpm dan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm.

Bahkan, untuk menambah sensasi berkendara, tersedia fitur Sport Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif, didukung fitur Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi lebih besar. Selain itu, ada Econ Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Tetapi, bagaimana bisa mesin kecil memuntahkan tenaga lebih besar? Tren ini disebut downsizing engine atau perampingan mesin.

Mesin downsized yang ditambahkan turbocharged mempunyai performa sama atau bahkan lebih baik dibanding yang non-downsized atau normalnya disebut aspirated engine. Keuntungan lain yang didapat adalah efisiensi bahan bakar yang signifikan. “Mobil jadi lebih bertenaga, lebih irit, dan lebih ramah lingkungan. Tenaga Accord baru bermesin 1.500 cc setara bahkan lebih besar dibandingkan mesin 2.400 cc,” ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Mesin 1,5 L VTEC Turbo Engine tersebut sebelumnya sudah diaplikasikan di All New Honda Civic sedan, Honda Civic hatchback, dan Honda CR-V. “Di Indonesia, keuntungan mesin turbo yang lebih kecil ini adalah pajak yang lebih rendah. Jadi, harga terkompensasi dengan adanya tambahan fitur lain, seperti Honda Sensing,” beber Jonfis.

Perubahan Drastis


All New Honda Accord memang tampil beda; lebih mudah, lebih segar, dan sangat sporty. Itu karena dirancang menggunakan platform baru dengan struktur uni-bodi lebih rendah, lebih lebar, dan lebih kokoh. Eksteriornya benar-benar baru. Garis atapnya rendah, kap mesin panjang sehingga tampak berotot. Ciri khas chrome wing grille tetap ada.

Lalu, ada fitur Active Grill Shutter dan Air Curtain pada bumper depan. Kaki-kakinya ada pelek 18 inci Dual Chrome Exhaust Pipe Finisher yang premium. Demi mendapat bentuk bodi lebih halus, Honda menerapkan proses lazer brazing, yakni penyatuan panel atap dan sisi bodi menggunakan teknologi laser.

Keunikan lainnya tampak pada fitur lampu LED di eksterior yang meliputi Full LED Headlight, LED Daytime Running Lights (DRL), Rear Combi Lamp with LED Light Bars, LED High-Mount Stop Lamp, dan LED Turn Signals. Untuk interior, konsumen lebih dimanjakan dengan kabin lebih lapang, nyaman, dan canggih. Panel instrumen utama terdiri dari display 7 inci Thin Film Transistor (TFT), berpadu sistem A/V baru 8 inci.

Bangku pengemudi punya banyak fitur penunjang kenyamanan. Misalnya, fungsi 8-way Driver Power Seat Adjustment with Lumbar Support dan Memory Seat with Easy Entry/Exit. Sementara bangku penumpang depan dilengkapi 4-way Power Seat Adjustment dan bangku belakang lebih lapang dengan tambahan legroom sebesar 48 mm dibanding model sebelumnya.

Untuk menciptakan kabin yang lebih senyap, lebih banyak materi peredam diaplikasikan pada berbagai bagian bodi, termasuk teknologi Wheel Resonator untuk mengurangi kebisingan dari roda dan bagian bawah mobil saat berkendara. Selain itu, sistem Active Noise Cancellation (ANC) juga di te rapkan untuk mengurangi kebisingan di kabin.

Honda SensingMenjaga Keselamatan

Teknologi Honda Sensing yang diterapkan di All New Honda Accord berfungsi membantu pengemudi menghindari dan meminimalisasi potensi kecelakaan saat berkendara. Sistem tersebut meliputi fungsi Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) yang terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) yang terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) dan Auto-High Beam .

Sistem ini bekerja dengan sebuah kamera monokular dan wave-milimeter radar untuk terusmenerus memantau dan menilai berbagai kondisi lalu lintas di depan kendaraan. Jika diperlukan, sistem ini akan bekerja secara simultan dan kooperatif dengan fitur-fitur seperti VSA, EPS, dan Brake Assist untuk memberikan peringatan audio dan visual atau melakukan tindakan korektif untuk membantu pengemudi menghindari tabrakan.

“Sebagai teknologi keselamatan, fitur-fitur tersebut memang tidak menjamin tidak akan terjadi tabrakan. Sama dengan fitur safety lainnya, fitur ini akan membantu dan mendukung penumpang saat tabrakan yang tidak bisa terhindarkan, bisa dicegah atau diminimalkan,” ujar Jonfis.

Fitur safety dalam kendaraan selalu menjadi isu yang menjadi sorotan dan terus dikembangkan. “Fitur keselamatan sangat penting bagi sebuah mobil sehingga harus secepatnya di aplikasikan,” tambahnya.

Segmen Konsumen


All New Honda Accord tersedia dalam empat pilihan warna, yakni platinum white pearl, crystal black pearl, modern steel metallic, dan lunar silver metallic dengan banderol Rp698 juta. Menurut Jonfis, pihaknya yakin bahwa downsizing turbo tidak bisa dihindarkan untuk mencapai efisiensi BBM dan ramah lingkungan.

“Tentu saja kalau ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, fun to drive-nya kurang, jadi harus memakai turbo sehingga powernya tetap terasa dan sama-sama bisa menikmati mobil bertenaga dan ramah lingkungan,” ujar Jonfis. Teknologi mesin downsizing turbo ini memang sudah menjadi tren, termasuk di Eropa. Di Indonesia pun, sejumlah APM melakukan hal yang sama, meski dengan konfigurasi turbo yang berbeda-beda.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1136 seconds (0.1#10.140)
pixels