DFSK Luncurkan GELORA Kendaraan Listrik Komersial Pertama di Indonesia

Jum'at, 06 Maret 2020 - 00:02 WIB
DFSK Luncurkan GELORA Kendaraan Listrik Komersial Pertama di Indonesia
DFSK Luncurkan GELORA Kendaraan Listrik Komersial Pertama di Indonesia
A A A
JAKARTA - Era elektrifikasi kendaraan di Indonesia perlahan sudah mulai dipersiapkan oleh pemerintah agar bisa menghadirkan kendaraan-kendaraan berbasis energi terbarukan dan ramah lingkungan.DFSK sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka dan modern tidak ingin ketinggalan dengan menghadirkan DFSK Gelora yang akan menjadi sejarah sebagai kendaraan komersial pertama berbasis tenaga listrik di Tanah Air.
DFSK Luncurkan GELORA Kendaraan Listrik Komersial Pertama di Indonesia

Pengenalan DFSK Gelora untuk pertama kali berlangsung saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 pada Kamis (5/3/2020) di Jakarta Convention Center Jakarta yang didukung penuh oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). DFSK sengaja menghadirkan DFSK Gelora dengan basis teknologi Battery Electric Vehicle (BEV/Full Listrik) yang merupakan edukasi berkesinambungan akan kendaraan listrik yang sebelumnya sudah dimulai dengan pengenalan DFSK Glory E3 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

"Tekad Pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia," ujar CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK), Alexander Barus, di sela-sela peluncuran DFSK Gelora di GIICOMVEC 2020.

DFSK Luncurkan GELORA Kendaraan Listrik Komersial Pertama di Indonesia


Kehadiran kendaraan listrik tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau komersial sehari-hari, mengurangi biaya-biaya, tetapi juga memainkan peran penting dalam penghematan energi, pengurangan emisi karbon gas buang, serta menjaga kelestarian lingkungan. Konsep-konsep yang ditawarkan oleh kendaraan listrik ini sudah dipahami dan kemudian sudah bisa diterima oleh masyarakat global, dan berakhir menjadi sebuah tren global otomotif. Indonesia ikut serta dalam tren otomotif kali ini dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia No. 55 tahun 2019 yang sesuai dengan nilai-nilai tren kendaraan listrik di global, dan mendorong pengembangan kendaraan listrik dari berbagai aspek seperti manufaktur, konsumsi, infrastruktur, dan investasi.

Selain Perpres No 55 Tahun 2019, ada sejumlah kebijakan lainnya yang turut mendukung perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air mulai dari pembebasan PPnBM untuk kendaraan listrik, ruang gerak kendaraan listrik di Jakarta tidak dibatasi aturan plat ganjil-genap, pembebasan pajak plat, dan dapat menikmati ruang parkir secara gratis, dan berbagai kebijakan menarik lainnya. Perusahaan Listrik Negara (PLN) bahkan telah memulai pembangunan stasiun pengisian listrik umum (SPLU), dan sekarang telah menyelesaikan pembangunan stasiun pengisian daya cepat di hampir 20 titik. Kedepannya, akan ada lebih banyak lagi rencana konstruksi yang sedang direncanakan dan akan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik.

DFSK yang memiliki teknologi unggul serta teruji akan kendaraan listrik mencoba untuk memperkenalkan model-model kendaraan listriknya, dan menjadi salah satu pelopor yang mendukung regulasi kendaraan listrik dari pemerintah. Sejumlah aksi dihadirkan oleh DFSK demi mensukseskan rencana pemerintah untuk mendorong industri otomotif menghadirkan kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan dengan energi terbarukan.

Di mulai dari Juli 2019, tepatnya di GIIAS, DFSK melakukan debut pertama mobil listrik DFSK Glory E3 dan langsung mendapatkan sambutan yang positif dari Menteri Perindustrian Republik Indonesia kala itu, Airlangga Hartarto, yang datang berkunjung ke booth DFSK. berlanjut pada Oktober di tahun yang sama, DFSK dan PLN mencapai kerjasama strategis untuk membangun ekosistem kendaraan listrik dan bersama-sama membangun iklim kendaraan listrik Indonesia. Kini, telah diperkenalkan DFSK Gelora untuk pertama kalinya kepada masyarakat Indonesia dan menjadi kendaraan komersial listrik yang sudah siap untuk diproduksi massal.

"Pada tahun 2003, DFSK memulai penelitian kendaraan energi terbarukan dan secara bertahap membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) berskala global di Silicon Valley Amerika Serikat, dan kini telah menguasai teknologi baterai, motor listrik, kontrol elektronik canggih serta teknologi utama lainnya, bahkan telah mendapatkan lebih dari 1.000 lisensi hak paten akan kendaraan listrik. Gelora lahir sebagai sebuah model yang sudah ‘matang’ yang disiapkan DFSK untuk produksi massal, dengan penjualan kumulatif lebih dari 30.000 unit kendaraan dan telah memainkan peran penting dalam banyak bidang seperti logistik perkotaan, transportasi umum, penyelamatan medis, berbagai kebutuhan lainnya," sambung Alexander Barus.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8607 seconds (0.1#10.140)