Telah hadir sedan canggih Chevrolet Cruze

Rabu, 16 April 2014 - 13:53 WIB
Telah hadir sedan canggih Chevrolet Cruze
Telah hadir sedan canggih Chevrolet Cruze
A A A
Sindonews.com - Chevrolet menghadirkan Chevrolet Cruze terbaru. Mobil yang akan tampil di New York International Auto Show, tampil dengan eksterior lebih rapih dan interior dengan konektivitas lebih canggih.

Ketika pertama kali mengaspal di Indonesia pada 15 Maret 2010, Chevrolet Cruze mendapatkan banyak perhatian. Tampangnya yang tidak pasaran dibanding kompetitornya seperti Honda Civic dan Toyota Altis, membuat mobil ini kerap mencuri pandang. Dengan kata lain desain yang mereka buat tidak biasa.

Belum lagi tampilan interior yang mengadopsi gaya dual cockpit yang menggabungkan fashion dan function. Mobil ini jadi sangat modern dan memenuhi selera konsumen kelas premium. Inilah mengapa Chevrolet Cruze termasuk salah satu mobil Chevrolet yang paling laris di dunia. Di pasar global, mobil tersebut telah terjual sebanyak 2,5 juta unit.

Tapi itu tidak berlaku di Indonesia. Mobil ini sulit bersaing dengan kompetitor lain. Dengan banderol Rp309 juta, waktu itu, mobil ini tidak berlimpah fitur keren. Ditambah pajak mobil sedan yang tinggi, mobil ini pun sulit ditemukan di jalan-jalan raya Ibu Kota.

5 tahun sesudahnya, General Motor pun mengubah Chevrolet Cruze. Mobil yang akan dipamerkan di New York International Auto Show dalam waktu dekat ini langsung diubah luar-dalam. Wajah Chevrolet Cruze sudah bertransformasi dan meninggalkan wajah lamanya.

Bagian muka mobil ini justru mengingatkan pada wajah yang ada di Chevrolet Impala dan Chevrolet Malibu. Ditambah LED Daytime Running Light, mobil ini jadi kelihatan modern. Memang bagian dual grille Chevrolet Cruze agak sedikit aneh. Namun jika sudah terbiasa dan lama dipandang, bagian ini justru memperlihatkan kekokohan mobil tersebut.

Sayangnya, perubahan di bagian depan tidak diimbangi di bagian bokong. Mobil ini masih mengaplikasikan desain bokong yang ada di Chevrolet Cruze lama. Bentuk lampu belakang dan penggunaan strip krom di bagasi sama sekali tidak diubah. Penilaian eksterior mobil ini memang bisa terbelah dua antara suka dan tidak suka.

Perubahan total justru terjadi di sektor interior. General Motors memang belum merilis bagian dalam mobil ini. Namun, dalam rilis yang mereka kirimkan tidak perlihatkan bagian interior mobil dan sektor dapur pacu Chevrolet Cruze terbaru. Bisa digambarkan, dari interior mobil ini adalah keberadaan layar sentuh 7 inci yang dulunya tidak ada di Chevrolet Cruze.

Informasi yang diberikan hanyalah kemampuan koneksi mobil ini yang semakin canggih. Maklum, Chevrolet pada 2015 ini memang tengah berkampanye melengkapi sistem koneksi bagi mobil-mobil mereka. Inilah mengapa fitur-fitur yang dijejalkan di Chevrolet Cruze kini memiliki fitur yang memudahkan dan memberikan rasa aman kepada pengemudi saat menggunakan telepon seluler mereka sambil tetap mengemudi.

Misalnya, teknologi Text Message Alerts yang bekerja dengan sistem bluetooth ke ponsel pintar. Berkat fitur ini bisa mendengarkan isi pesan singkat yang masuk. Tanpa harus membuka telepon atau mengaktifkan tombol-tombol tertentu. Bagi pengguna iPhone, fitur ini bisa diaksesl dengan Siri Eyes Free.

Mobil ini juga sudah disematkan built-in WiFi yang sudah terkoneksi dengan jaringan OnStar 4G LTE. Layanan baru tersebut menampilkan koleksi aplikasi berbasis HTML5. Jadi, saat pengemudi berada di luar jangkauan jaringan seluler, mereka tetap bisa memantau perakiraan cuaca, berita, dan telematika kendaran via jaringan 4G LTE milik AT&T. Menariknya lagi, jaringan ini tidak hanya diakses lewat layar 7 inci di mobil. Fitur ini bisa digunakan maksimal 7 gadget yang ada di dalam kendaraan.

Agar lebih optimal, mobil ini juga dilengkapi toko aplikasi 'Chevrolet AppShop' yang menyediakan berbagai aplikasi menarik - salah satunya aplikasi Vehicle Health. Aplikasi itu dapat memantau kondisi kendaraan secara real-time, mulai dari informasi kondisi oli hingga tekanan ban.

Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan pengemudi untuk mengatur janji dengan layanan service kendaraan tanpa harus menggunakan telepon. Misalnya, Anda hanya cukup mengklik jadwal pada aplikasi kalender, atur waktu (AM atau PM), dan pilih dealer mobil mana Anda sukai. “Saat ini konsumen mencari mobil yang menyenangkan, penuh nilai dan durabilitas yang tinggi. Dan Chevrolet Cruze memiliki itu semua,” ujar US Vice President, Chevrolet Marketing, Paul Edwards.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7998 seconds (0.1#10.140)