GM Aktif Buktikan Chrysler dan Audi Monopoli Harga

Kamis, 14 Agustus 2014 - 17:12 WIB
GM Aktif Buktikan Chrysler...
GM Aktif Buktikan Chrysler dan Audi Monopoli Harga
A A A
BEIJING - General Motors (GM) akui ikut berperan aktif membantu badan regulator anti monopoli China, untuk menyelidiki Chrysler dan Audi terkait monopoli harga yang dilakukan keduanya.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China menemukan, adanya indikasi monopoli harga yang dilakukan para produsen mobil asing. Para pembeli dari China seolah dipaksa membayar 3-4 kali lipat lebih tinggi untuk model yang diimpor.

GM dan produsen automotif asal China, SAIC Motor, pada 2012 sepakat melakukan kerja sama dalam penyelidikan dan penelitian berbagai kasus terkait mobil asing. Tidak jelas apakah kerja sama ini akan tetap jalan, jika GM masuk ke dalam daftar perusahaan menyalahi aturan tersebut.

GM memasang badan, dan menyebut bahwa di salah satu dealer berlokasi di Shanghai, produk mereka dijual dengan harga yang sangat wajar. Harganya setara tiga kali dengan biaya kendaraan baru yang persis sama dengan harga yang berlaku di Amerika Serikat.

Melansir laman Leftlanenews, Kamis (14/8/2014), oknum dalam produsen mobil besar kadang memakai joki untuk mendapat keuntungan dari pasar asing. Sementara yang lain berdalih, mahalnya harga disebabkan mahalnya biaya pengiriman dan pengangkutan, atau bea masuk pemerintah ke negara tujuan.

Untuk menyebabkan efek jera, maka hukum di China mengenakan denda perusahaan hingga 10% dari pendapatan tahun sebelumnya, jika masih ada produsen mobil besar yang melanggar peraturan anti monopoli.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6805 seconds (0.1#10.140)