Mimpi Bajaj Kuasai Dunia

Kamis, 08 Januari 2015 - 20:06 WIB
Mimpi Bajaj Kuasai Dunia
Mimpi Bajaj Kuasai Dunia
A A A
NEW DELHI - Bajaj Auto terus berupaya meningkatkan penjualan secara global. Akhir dekade ini, produsen automotif asal India tersebut optimistis dapat menjadi salah satu pabrikan terpandang di dunia.

Dilansir dari Motorbeam, Kamis (8/1/2015), keyakinan tersebut berbanding terbalik dengan penjualan di pasar lokal India. Tahun lalu, pangsa pasar Bajaj turun 6% menjadi 18% dari 24% di awal 2014.

Turunnya pangsa pasar Bajaj disebabkan niat yang tidak tergiur perang harga, dan bergeriliya dengan menawarkan motor-motor komuter murah. Hal yang dilakukan dua saingan utama mereka di pasar lokal, TVS dan Honda.

Rencana jangka panjang Bajaj lebih dari sekedar dominasi pangsa pasar India. Perusahaan ingin diakui sebagai pembuat sepeda motor global yang mewakili negeri Hindustan.

Bajaj memperluas basis global dan mengincar pangsa pasar yang tidak hanya bermain di segmen komuter, tetapi juga berkembang dalam kategori sedang dan besar.

Strategi diawali dengan menggandeng beberapa pabrikan besar. Bajaj mengklaim, setiap 3 sepeda motor KTM yang terjual secara global, 1 unitnya dibangun dari pabrik di India.

Tahunlalu, Bajaj berhasil 65.000 unit sepeda motor ke pasar negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Eropa, Australia dan Jepang. Pabrikan juga rutin mengekspor motor ke sejumlah negara seperti Nigeria, Mesir dan Sri Lanka.

Bajaj yakin ada banyak ruang untuk tumbuh di Afrika, Amerika Latin, Asia dan Timur Tengah. Di mana perusahaan memiliki pangsa pasar 24%, jauh diatas pesaing lokal yang hanya 3%.

Tahun lalu, Bajaj meluncurkan sejumlah model untuk mengisi celah di line up mereka. Pabrikan bermain dari segmen kecil hingga sedang, mulai dari Pulsar 160 NS, 200 SS hingga 400 SS.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6743 seconds (0.1#10.140)