Ini 20 Sekolah Finalis Toyota Eco Youth ke-9

Selasa, 17 Februari 2015 - 14:48 WIB
Ini 20 Sekolah Finalis Toyota Eco Youth ke-9
Ini 20 Sekolah Finalis Toyota Eco Youth ke-9
A A A
JAKARTA - Sebanyak 20 sekolah terpilih sebagai finalis Toyota Eco Youth ke-9 setelah melalui tahap penilaian dari tim juri dan diverifikasi oleh tim Toyota Indonesia. Masing-masing finalis akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp15 juta untuk pengembangan project.

Keduapuluh proposal yang masuk terbagi atas dua kategori, yaitu 12 proposal untuk kategori science dan 8 proposal untuk kategori sosial.

Para finalis di kategori science dari SMAN 1 Blora, SMAN 1 Jogjakarta, SMA Al Falah Jakarta, SMAN 1 Sunggal Medan, SMAN 2 Balikpapan, SMAN 6 Banjarmasin, SMA Muhammadiyah 3 Jakarta, SMAN 87 Jakarta, SMAN 3 Jogjakarta, SMAN 6 Denpasar, SMAN 7 Manado, dan SMAN 3 Merauke Papua.

Katagori science merupakan proyek untuk mengembangkan suatu alat yang dapat berkontribusi bagi lingkungan sekitar sekolah. Sedangkan katagori sosial merupakan aktivitas/kampanye yang mengajak masyarakat sekitar sekolah untuk berkontribusi bagi lingkungan.

Sedangkan para finalis di kategori sosial adalah SMAN 5 Surabaya, SMAN 4 Makassar, SMA Harapan 3 Delitua Medan, SMAN 112 Jakarta, SMA PGRI Jayapura, SMAN 1 Ubud, SMAN 19 Bandung, dan SMAN 1 Gianyar.

“Kami mengucapkan selamat kepada para finalis. Semoga aksi yang mereka lakukan mampu memberikan efek positif kepada teman-temannya agar mengubah mindset tentang lingkungan,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, Selasa (17/2/2015)

Senada dengan Suparno Djasmin, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono, menambahkan bahwa kegiatan TEY ini dapat menjadi wahana bagi para pelajar untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan.

Selain mendapatkan dana bantuan untuk pengembangan project, para finalis mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop yang berlangsung pada 14—15 Februari 2015, di Jakarta.

Dalam workshop ini, peserta diberikan pembekalan materi terkait project yang akan mereka kembangkan dalam 3 bulan ke depan oleh para juri TEY ke-9 yang terdiri dari Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd (pakar pendidikan), Jatna Supriatna, Ph.D (pakar lingkungan), dan Rene Suhardono (pakar social media & movement).

Proses implementasi project hingga penjurian akan dilaksanakan pada Feb—Mei 2015. Sementara pengumuman pemenang dan eksibisi rencananya akan dilaksanakan pada Mei 2015. Total hadiah yang dapat diraih oleh peserta adalah Rp660 juta.

Tidak hanya itu, pemenang untuk Kategori Best of The Best akan mendapatkan hadiah pelatihan singkat tentang lingkungan di Jepang.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7987 seconds (0.1#10.140)