Tren Mobil Otonom Mulai Berevolusi

Jum'at, 06 Maret 2015 - 20:51 WIB
Tren Mobil Otonom Mulai Berevolusi
Tren Mobil Otonom Mulai Berevolusi
A A A
GENEVA - Tren mobil yang dapat mengemudi sendiri sudah sampai pada tahap baru. Jika satu tahun belakangan mobil otonom diciptakan untuk alat transportasi penumpang, sekarang teknologi ini mulai berevolusi dan merasuk menjadi mobil balap.

Dilansir dari Autoevolution, Jumat (6/3/2015), ED Torq, produsen mobil asal Italia yang memperkenalkan mobil ini di Genewa Motor Show 2015. Kehadirannya sontak membawa decak kagum pengunjung. Sekaligus rasa skeptis akan pertanyaan klasik dunia balap.

Masalahnya, balap selalu tentang ikatan antara pengemudi dan mobil. Semantara mobil ini menghilangkan peran yang paling penting tersebut. Murni otonom artinya mobil bisa bekerja sendiri, berbeda dengan konsep radio control di mobil balap mainan.

Selain itu, pabrikan mengklaim mobil ini diciptakan dengan tujuan dapat dipakai dalam ajang balap ketahanan. Tapi jika dirunut, apalah arti teknologi sangat canggih jika nantinya tiap mobil yang balapan tidak susul menyusul di sirkuit.

Kendati demikian, usaha ED Torq tetap mendapat apresiasi dari pencinta mobil. Sebab selain otonom, mobil ini murni listrik. Mobil berbobot 1 ton ini dipersenjatai satu motor listrik yang terhubung ketiap roda.

Tenaga motor listrik berasal dari baterai 88 kWh lithium-ion yang cukup berat, sekitar 550 kg. Sumber daya ini mengirimkan pasokan yang cukup untuk menghasilkan tenaga 429dk dan torsi mencapai 1.800 Nm.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1666 seconds (0.1#10.140)