CEO Fiat-Chrysler Buka Merger dengan Apple dan Google

Minggu, 03 Mei 2015 - 20:59 WIB
CEO Fiat-Chrysler Buka Merger dengan Apple dan Google
CEO Fiat-Chrysler Buka Merger dengan Apple dan Google
A A A
ITALIA - CEO Fiat-Chrysler Automobile Sergio Marchionne akan membuka dialog kerja sama atau merger dengan Apple dan Google. Sebab, perusahaan teknologi dianggap dapat merusak basis industri automotif jika tidak "digandeng" dengan baik.

Marchione menekankan jika keduanya memasuki pasar sendiri, maka basis automotif secara fundamental akan "rugi" karena dibangun perusahaan teknologi. Karena itu, kerja sama dianggap jalan keluar mengatasi prasangka buruk yang terjadi.

"Saya selalu tertarik dengan gagasan memiliki pengganggu teknologi yang muncul dan mengubah paradigma. Jika mereka muncul dan benar-benar sukses, mereka secara fundamental bisa menyakiti industri ini," kata Marchionne dilansir Bloomberg, Minggu (3/5/2015).

Kendati demikian, prospek Apple atau Google tertarik tawaran tersebut tampak sangat tipis. Marchionne telah mendorong industri automotif untuk mengkonsolidasikan manuver ini, salah satunya dengan General Motors (GM).

Rencana Apple membangun mobil listrik sudah beredar luas. Kabar terbaru saat ini memperlihatkan bahwa Appel sudah bisa mulai memproduksi mobil listrik sendiri pada akhir dekade atau 2020.

Apple bahkan sudah memberi nama mobil mereka dengan sebutan iCar. Perusahaan teknologi ini memang pernah dikabarkan sedang mengembangkan proyek mobil listrik dengan kode proyek "Titan" akhir 2014.

Kecepatan Apple dalam membangun mobil listrik di luar dugaan. Sebab Tesla Motor setidaknya butuh 10 tahun hanya untuk riset teknologi lsitrik. Kecepatan ini ditengarai karena Apple membajak insinyur top di bidang rekayasa mobil listrik dan pengembangan baterai.

Salah satunya dari produsen baterai A123 System yang resmi menggugat Apple karena membajak insinyur mereka. Perusahaan warisan Steve Jobs ini pun resmi digugat di pengadilan federal Massachusetts.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0838 seconds (0.1#10.140)