Selamat Tinggal Bus Tingkat Ikonik Mumbai, Digantikan Kendaraan Listrik

Kamis, 14 September 2023 - 11:24 WIB
Bus tingkat warna merah yang sering muncul dalam film atau video klip lagu Bollywood. (Foto: Times of India)
JAKARTA - Para penggemar Bollywood tentu tak asing dengan bus tingkat warna merah yang sering muncul dalam film atau video klip lagu. Bus ikonik itu dalam kesehariannya wara-wiri di jalanan kota Mumbai, India. Namun, riwayatnya kini akan segera berakhir.

Setelah menghiasai jalan-jalan di India selama lebih dari 80 tahun, bus tingkat merah akan segera dipensiunkan. Badan Pasokan dan Transportasi Listrik Brihanmumbai (BEST) menyatakan bus-bus ini akan dihentikan layanannya dalam waktu kurang dari seminggu.

Dikutip dari Times of India, bus tingkat merah Mumbai, yang dikenal sebagai bus TERBAIK, sudah tidak digunakan lagi karena umurnya telah mencapai 15 tahun. Dulunya berjumlah 900, armada bus BEST menyusut menjadi hanya beberapa unit pada pertengahan tahun 90an.

Juru bicara BEST menyebutkan, saat ini armada masih tersisa tujuh bus tingkat dan tiga bus tingkat terbuka. Bus tingkat akan dihentikan layanannya secara permanen mulai 15 September. Sedangkan bus tingkat terbuka akan dihentikan layanannya pada 5 Oktober.

Bus tingkat berwarna merah yang ikonik ini telah menjadi bagian integral dari budaya Mumbai, ditampilkan dalam lagu-lagu Bollywood dan membantu wisatawan menjelajahi tempat-tempat istimewa di kota.



Namun, penurunan jumlah bus ini dimulai pada tahun 1990an ketika sektor otomotif India mengalami pertumbuhan dan semakin banyak orang mulai menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum penurunan ini, terdapat sekitar 900 bus tingkat yang beroperasi.

BEST menjelaskan bahwa pemeliharaan bus ikonik ini membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, sebagai penghormatan terhadap era bus ikonik ini dan untuk memperkenalkan alternatif, administrasi BEST telah memperkenalkan bus tingkat hitam dan merah yang dioperasikan dengan tenaga listrik. Sejauh ini sudah ada sekitar 25 bus yang diperkenalkan.

Namun, para penumpang Mumbai menyatakan meskipun bus-bus baru ini nyaman, daya tariknya kurang dibandingkan bus-bus lama. Mereka merindukan pengalaman duduk di depan bus bersama pengemudi atau bepergian dengan bus berjendela terbuka sambil merasakan angin sepoi-sepoi menerpa wajah.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More