5 Keunggulan Pabrik VinFast, dari Otomatisasi hingga Mampu Memproduksi 250.000 Mobil

Minggu, 19 Mei 2024 - 16:25 WIB

2. Berbasis Robot dengan Teknologi AI



Foto/Andika Hendra Mustaqim

"Otomatisasi adalah kunci di sini (pabrik VinFast)," ungkap Taylor. Misalnya, di bengkel pengelasan saja terdapay 1.200 robot dengan mencapai keunggulan yang hampir sempurna. "Tingkat otomatisasi mencapai 98%," paparnya.

Itu menunjukkan keseriusan VinFast untuk mengembangkan mobil listrik. Dengan menggunakan otomatisasi, maka pabrik tersebut juga mengaplikasikan teknologi berbasis artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI).

Misalnya, Ketika berkunjung ke bagian Press Shop di mana luasnya mencapai mencapai 50.000 meter persegi, dengan teknologi yang digunakan terbaru dan tercanggih dari Jerman dan Spanyol seperti KUKA, ABB, Siemens, dan Durr.

Selanjutnya untuk area Body Shop, dengan menggunakan 1.400 robot teknologi dari Eropa dan Jepang pada bagian Body Shop. Maka lini produksi pada pengelasan dan pengecatan ini dapat berjalan secara otomatis dengan level 90% - 95%. "Di Body Shop, mobil mulai mengambil bentuk dengan otomatisasi yang luar biasa," kata Taylor.

Teknologi mutakhir mengatur Paint Shop, diikuti oleh Engine Shop, General Shop, Sub-Assembly Shop, dan Electric Motor Shop. Untuk bagian, General Assembly ini hanya terdiri dari 1 line tetapi bisa menampung 150 unit dengan 6 model berbeda sekaligus. "Akhirnya, mobil listrik tiba di Battery Packaging Workshop, di mana jantung kendaraan dipasang dengan penuh kehati-hatian," ujar Taylor.

Namun demikian, operasional teknologi tersebut tetap diawasi teknisi yang berpengalaman untuk menjamin operasional berjalan lancar.

3. Memproduksi Berbagai Jenis Mobil



Foto/Andika Hendra Mustaqim
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More