Tips Mobil Awet, Ketahui 5 Penyebab Tekanan Kompresi Mesin Turun

Kamis, 30 Mei 2024 - 10:05 WIB

3. Ada celah antara katup dan dudukannya



Ketidakrapatan antara katup dan dudukannya menyebabkan tekanan kompresi mesin turun. Solusinya dengan melakukan skir katup yang bertujuan agar katup dapat rapat dengan dudukannya.



4. Kerusakan gasket kepala silinder



Gasket kepala silinder berfungsi merapatkan kepala dan blok silinder. Bila gasket kepala silinder sudah rusak maka berpotensi terjadi kebocoran tekanan kompresi. Tekanan kompresi ini bisa bocor melalui celah antara kepala dan blok silinder.

5. Dudukan busi aus



Letak busi di antara kepala silinder dan kepala busi membuatnya langsung terhubung dengan ruang bakar mesin. Bila dudukan busi ini mengalami keausan, maka dapat menyebabkan tekanan kompresi bocor atau turun, melalui lubang busi karena ada celah.

Setelah mengetahui penyebab tekanan kompresi mesin turun, sebaiknya pengendara lebih cermat mengukut besar kecilnya tekanan kompresi menggunakan compression tester. Hasil pengukuran tekanan kompresi ini dapat dibandingkan dengan nilai standar untuk diketahui apakah terjadi perubahan atau tidak. Prosedur ini perlu waktu lama. Tapi jika masalahnya ada di blok silinder baret ataupun ring piston aus maka perlu dilakukan turun mesin.

Pengendara dapat menjaga kompresi mesin mobil tetap optimal melalui perawatan yang baik dan pemantauan rutin agar performa mobil selalu baik.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More