Tak hanya Model Skutik, Honda BeAT versi Sport Fairing Ternyata Ada

Minggu, 04 Agustus 2024 - 23:20 WIB
Honda BeAT Ls. FOTO/ SC YouTube
JAKARTA - Honda BeAT merupakan skuter matik (skutik) terlaris di Indonesia dengan populasinya yang mencapai 24 juta unit sejak diperkenalkan pada 2008 silam. Namun banyak yang tidak tahu, BeAT bukan hanya ada varian skutik, tapi juga punya varian motor sport berfairing.



Hal itu terungkap dari unggahan video di kanal YouTube Meteora013, yang memperlihatkan Honda BeAT versi motor sport. Nama Beat yang menjadi identitas motor tersebut jelas terpampang pada tangki bahan bakar.



Apabila mengira itu adalah hasil modifikasi, jelas salah besar. Ini merupakan motor sport asli produksi Honda, yakni Beat Ls 110 dua tak. Motor ini dilengkapi dengan fairing yang membuatnya terlihat sporty.

Honda Beat LS 110 ini pernah mengaspal di Thailand pada 1991 dan cukup populer di masanya. Namun, namanya tidak sepopuler Honda NSR yang saat itu terkenal karena digunakan sebagai basis balap GP125 hingga GP500 yang saat ini bernama MotoGP.

Motor sport ini memiliki bobot 96 kilogram yang membuatnya sangat lincah dan mudah dikendalikan. Konsep yang diusung pada motor ini adalah "city sportbike" yang menggabungkan performa motor sport dengan kepraktisan motor sehari-hari.

Soal performa, motor ini dibekali mesin 2 tak berkapasitas 105 cc dengan pendingin cairan yang membuatnya selangkah lebih maju. Mesin ini diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal 18,7 hp.

Mesin tersebut digendong oleh rangka model twin spar atau deltabox bermaterial baja. Sasis ini memiliki keunggulan dengan memberikan keseimbangan antara kelincahan dan stabilitas.

Pada sektor kaki-kaki, bagian depan dilengkapi suspensi teleskopik dan belakang monoshock. Rodanya menggunakan velg aluminium casting dan dilengkapi dengan sistem pengereman cakram pada depan dan belakang.

Kesan sporty juga diperlihatkan pada cluster instrumen yang menampilkan indikator kecepatan dan putaran mesin atau RPM dengan bentuk bulat. Terdapat juga indikator bahan bakar pada bagian tengah atas dan juga indikator sein, posisi gigi netral serta lampu jauh.

Sementara lampu depannya cukup lebar yang mengisi hampir keseluruhan fairing dengan lampu sein yang menempel pada bodi samping. Secara keseluruhan, motor ini terlihat ramping seperti Honda BeAT yang memiliki keunggulan pada desain bodinya yang kompak.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More