Kenali 9 Penyebab Mobil Boros BBM, Ban Kurang Angin hingga Jarang Servis

Kamis, 08 Agustus 2024 - 07:47 WIB
Penyebab mobil boros BBM salah satunya karena kendaraan jarang diservis. Foto/Auto2000
JAKARTA - Penyebab mobil boros bahan bakar minyak (BBM) cukup beragam. Mulai dari ban kurang angin hingga unit jarang diservis. Yang jelas, kondisi ini jika tidak segera diatasi juga akan merembet pada kerusakan komponen mobil.

Untuk itu, penting memahami apa saja penyebab mobil boros BBM agar kantong tidak jebol. Langkah selanjutnya adalah menghindari kondisi-kondisi ini, sebagai ikhtiar agar performa mobil optimal dan mencegah kerusakan.

Langsung saja, berikut deretan penyebab mobil boros BBM seperti dilansir dari Auto2000, Kamis (8/8/2024):

1. Ban Kekurangan Angin





Ban mobil yang kekurangan angin dapat menjadi penyebab konsumsi BBM boros. Ban yang kekurangan angin membuat mesin bekerja lebih keras untuk dapat berjalan. Ketika mesin bekerja lebih keras otomatis pemakaian bahan bakar yang juga akan lebih banyak.



2. Penggunaan Ban Tidak Sesuai Standar



Ban yang tidak sesuai standar alias sudah dimodifikasi juga bisa menjadi penyebab mobil boros. Hal ini terjadi karena ukuran ban yang lebih besar atau lebih kecil.

Ukuran ban yang terlalu besar akan meningkatkan gesekan dengan aspal. Hal ini akan mengakibatkan mobil bekerja lebih keras dari sebelumnya supaya bisa memutar ban.

Tidak heran kalau akhirnya BBM yang baru saja diisi akan habis dalam waktu singkat. Itu sebabnya tidak disarankan untuk melakukan modifikasi agar kendaraan dapat berfungsi maksimal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More