Penantang Fortuner dan Pajero Sport, Raih 5 Bintang Uji Tabrak

Senin, 28 Desember 2020 - 23:25 WIB
Isuzu mu-X generasi ketiga meluncur resmi di Thailand pada Oktober lalu. Foto/ ISUZU TH
MALAYSIA - Isuzu mu-X generasi ketiga, yang menjadi kandidat kuat penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, baru-baru ini mendapatkan sertifikat 5 bintang uji tabrak dari Asean NCAP. Capaian ini sesuai dengan harapan Isuzu. Pasalnya produk lain Isuzu yang juga menggunakan platform di Isuzu mu-X, yakni Isuzu D-Max juga mendapatkan hasil yang sama dalam ujian sebelumnya.

Menurut Asean NCAP, dari uji tabrak yang mereka lakukan, Isuzu mu-X mendapatkan penilaian 36,36 dari total 36 angka untuk kategori perlindungan orang dewasa. Sementara untuk perlindungan penumpang, Isuzu mu-X mendapatkan penilaian 44,37 dari 49 nilai yang ada. Angka ini lebih tinggi dari capaian yang diraih oleh saudara satu platform, Isuzu D-Max yang hanya mencapai 42,78 angka. (Baca juga : Godaan Bus Listrik China Buat TransJakarta Terus Bermunculan )

Untuk penilaian kategori fitur keamanan canggih, Isuzu mu-X mendapatkan sorotan khusus. Pasalnya mobil ini sudah menggunakan teknologi autonomous emergency braking (AEB). Fitur itu justru tidak ditemukan di seluruh varian Isuzu D-Max yang ada saat ini.

Diketahui Dibandingkan dengan Isuzu mu-X lawas, mobil ini jauh lebih besar, lebih lebar dan lebih tinggi. Panjangnya kini mencapai 4.850 mm atau tambah 25 milimeter dibanding yang lama, lebarnya 1.870 milimeter atau tambah lebar 10 milimeter dibanding versi lawas dan lebih tinggi 35 milimeter dibanding yang lama dengan ukuran terbaru 1.875 milimeter.

Mobil ini juga dijamin lega di dalam karena wheelbase baru yang mencapai 2.855 milimeter atau tambah 10 milimeter dibandingkan yang lama. Desain badan mobil juga jauh lebih modern. (Baca juga : Tiga Tahun ke Depan BMW Siap Produksi 250.000 Unit Mobil Listrik )



Isuzu mu-X baru sendiri dilengkapi dengan dua pilihan mesin turbo diesel yakni mesin empat silinder 1,9 liter RZ4E yang bisa menggelontorkan tenaga 150 daya kuda di 3.600 RPM. Untuk piliha mesin ini Isuzu menghadirkan dengan emat varian yakni 1.9 Active, 1.9 Luxury, 1.9 Elegant dan 1.9 Ultimate

Pilihan mesin kedua adalah mesin empat silinder 3,0 liter 4JJ3-TCX 3.0 litre yang bisa menggelontorkan tenaga 190 daya kuda di 3.600 RPM. Untuk mesin yang lebi bertenaga ini Isuzu membuat dua varian yakni 3.0 Ultimate dan 3.0 Ultimate 4WD.
(wsb)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More