Bisa Sebabkan Mesin Panas, Ketahui 4 Penyebab Air Radiator Berkurang

Minggu, 18 Juli 2021 - 19:02 WIB


Karena kebocoran yang terjadi cukup deras, jika tak segera diperbaiki akan membuat mesin mengalami overheating yang cukup parah. Biasanya kerusakan komponen ini dikarenakan usia pemakaiannya yang terlampau tua dan terkena rendaman air sehingga membuatnya keropos dan berkarat.

Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan perawatan yang tepat seperti menguras air radiator dua bulan sekali untuk menghindari pengendapan karat. Selain itu, gunakan air yang berkualitas agar kinerja water pump menjadi maksimal.

3. Bocornya sirip radiator

Kebocoran yang terjadi pada sirip radiator tidak akan mudah terlihat dikarenakan beberapa hal, seperti sudah kering ataupun menguap sebelum air menetes. Namun hal ini menjadi salah satu penyebab air radiator berkurang. Untuk itu cek secara rutin pada bagian tersebut, sehingga bila terjadi kebocoran bisa segera teratasi.

Biasanya kebocoran yang terjadi pada kompresi mesin tidak akan mudah terlihat dibandingkan lainnya. Kebocoran pada kompresi mesin biasanya terjadi saat tutup radiator tersebut dibuka lalu mesin dihidupkan, maka terjadi gelembung yang tidak berhenti. Bahkan saat mesin digas, maka air radiator akan menyembur keluar.



Sebenarnya kebocoran ini dapat diperhatikan dari beberapa tanda yang diperlihatkan oleh mesin, misalnya saja pada kondisi busi yang selalu basah, oli mesin yang tercampur dengan air dan masih banyak lainnya. Jika tanda-tanda ini muncul, baiknya segera membawanya ke bengkel terdekat.

4. Selang radiator rusak

Selang dapat rusak karena melunak atau menjadi lemah. Dalam kasus lain, kesalahan sistem pendingin dapat menyebabkan hal ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More