Sekring Motor, Bentuk dan Fungsi yang Perlu Anda Pahami

Selasa, 01 Maret 2022 - 14:00 WIB
Jadi, karena fungsi sekring sangatlah penting, maka sebisa mungkin anda sebagai pemilik kendaraan harus rutin untuk memeriksa kondisi sekring. Apabila merasa sekring sudah tidak dalam kondisi yang bagus, maka anda bisa untuk segera menggantinya.

Untuk melihat kondisi sekring motor yang masih layak pakai atau harus diganti, anda bisa melihatnya dari letak sekring motor. Setelah itu lepas sekring dan periksa keadaan kawat sekring. Jika kondisi kawat sudah terkoyak atau rusak, maka dapat dipastikan alirannya sudah terputus dan anda harus segera menggantinya.



2. Jenis Sekring Motor

Setelah mengetahui fungsi dari sekring motor, anda juga harus paham mengenai jenis-jenis sekring motor. Secara umum, ada dua jenis sekring motor yang sering digunakan, yaitu Sekring Tancap (Blade Fuse) dan Sekring Tabung (Tube Fuse).

- Sekring tancap



Sekring tancap atau fuse blade merupakan jenis sekring motor yang digunakan pada motor-motor keluaran terbaru. Asal mula penamaan sekring tancap didasarkan pada cara pemasangannya dengan cara ditancapkan.

Sekring tancap memiliki warna yang berbeda-beda disesuaikan dengan kegunaan dan kapasitasnya. Dalam hal ini, pemilihan sekring sesuai kapasitas listrik pada motor sangatlah penting untuk menghindari kerusakan pada sekring. Warna dari sekring motor diantaranya adalah sebagai berikut:

- Warna Oranye (5 Ampere)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More