Makin Berat, Bawa Mobil Bentley Kini Harus Gunakan SIM Sopir Truk

Sabtu, 14 Mei 2022 - 15:00 WIB
Bentley Bentayga Extended Wheelbase memiliki bobot kotor 3,25 ton. Foto/Bentley.
JAKARTA - Bobot mobil-mobil baru buatan Bentley kini semakin berat. Otoritas Eropa bahkan mewajibkan pengemudi mobil Bentley memiliki SIM khusus seperti yang dimiliki sopir truk.

Ambil contoh mobil baru Bentley Bentayga Extended Wheelbase yang bobotnya mencapai 3,25 ton. Bobot itu sangat berat sehingga butuh Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus untuk mengendarainya.

Di Eropa sendiri SIM mobil standar hanya diperkenankan untuk mobil-mobil yang bobot kotornya hanya mencapai 3 ton. Lebih dari itu pemilik mobil harus mengajukan SIM dengan kebutuhan khusus.

Disebutkan Carbuzz, Bentley memahami adanya peraturan itu. Perusahaan mobil yang berbasis di Gaydon, Inggris itu malah mengaku telah melakukan lobi ke orotitas Uni Eropa untuk diberikan kelonggaran.







Product Line Director Bentley, Chris Cole mengatakan saat ini mereka sudah meminta bantuan perusahaan induk, Volkswagen AG untuk melobi Uni Eropa guna mendapatkan kemudahan SIM bagi pemilik mobil baru Bentley. Dia berharap Bentley bisa diberikan kelonggaran begitu juga perusahaan mobil lainnya.

"Masalahnya memang ada di peraturan izin mengemudi. Harusnya saat ini ada perubahan baru untuk aturan izin mengemudi," ujar Chris Cole.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More