5 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Waspadai Hal Ini

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:36 WIB
Penyebab suara mesin mobil mendengung cukup beragam, untuk itu dibutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Foto/Ist
JAKARTA - Penyebab suara mesin mobil mendengung cukup beragam. Dalam hal ini, untuk menemukan penyebabnya, dibutuhkan pemeriksaan yang seksama.

Tak hanya dari mesin, penyebab suara tak sedap ini juga bisa muncul akibat adanya kerusakan di komponen lain. Biasanya, pengendara akan bingung karena tiba-tiba mobilnya mengeluarkan suara mendengung.

Tentu saja, suara tersebut merupakan indikasi atau tanda bahwa adanya kerusakan pada mobil. Dilansir dari situs Auto 2000, berikut beberapa penyebab suara mesin mobil mendengung.



1. Komponen Bearing Pulley Aus



Bearing Pulley Mesin yang sudah aus bisa menjadikan mobil mengeluarkan suara dengungan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa terdapat banyak lilitan belt dengan pulley di dalam mesin. Sebut saja pulley mesin, pulley alternator, dan pulley idler.

Apabila terdapat satu saja dari pulley tersebut yang aus, maka mesin mobil bisa mengeluarkan suara dengungan. Hal ini terjadi karena setiap pulley itu saling terhubung. Sehingga apabila ada satu yang aus, dampaknya akan tersebar ke yang lain.

2. Kerusakan pada Pompa Power Steering

Kerusakan pada power steering juga bisa berpengaruh pada suara mesin mobil yang mendengung. Dalam hal ini, meskipun mobil keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan power steering elektrik, namun pada mobil-mobil keluaran lama tentu masih menggunakan sistem hidrolik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More