Terlalu Lama Diparkir, Ban Mobil Bisa Mengalami Flat Spot

Senin, 24 Oktober 2022 - 09:00 WIB
Tampak alat yang digunakan untuk mencegah flat spot. Foto: ist

Kedua, panaskan kendaraan. Memanaskan kendaraan bisa menyebabkan kenaikan pada suhu ban dan ruang penyimpanan kendaraan. Cara lain, agar mesin dan ban tetap terawat, bisa pula dengan membawa kendaraan berkeliling.

Ketiga, naikkan tekanan angin. Sebelum meninggalkan kendaraan Anda di parkiran dalam waktu yang lama, naikkan tekanan angin hingga kurang lebih 3 PSI, atau sesuai dengan yang ditentukan oleh pabrik.

Keempat, cek tekanan angin. Tekanan angin pun perlu dicek secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memantau tekanan angin agar selalu berada di ukuran yang tepat, dan tidak terlalu rendah.



Kelima, cek keausan ban. Keausan ban dapat dicek pada simbol tread wear indicator (TWI). Kekurangan angin pun dapat memicu keausan ban. Pengecekan dapat dilakukan berkala dalam rentang seminggu sekali.

Pada dasarnya, sebelum menggunakan kendaraan, memang harus mengecek dengan teliti bagian mana yang bermasalah untuk segera diperbaiki, agar saat dibawa berkendara tetap dalam kondisi yang sehat dan terawat, terlebih jika sudah lama tidak digunakan.

MG/Sekar RahmadianaIhsan
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More