Strategi Pangkas Harga Perkuat Posisi Tesla di Pasar Mobil Listrik

Sabtu, 21 Januari 2023 - 08:48 WIB
loading...
Strategi Pangkas Harga Perkuat Posisi Tesla di Pasar Mobil Listrik
Strategi Tesla memangkas harga produk mobil listriknya telah menyulut terjadinya perang harga di pasar kendaraan listrik. Foto/Carscoops/electrek
A A A
TEXAS - Strategi Tesla memangkas harga produk mobil listriknya telah menyulut terjadinya perang harga di pasar kendaraan listrik. Tesla menggunakan keunggulan awalnya di pasar kendaraan listrik untuk menurunkan biaya dan meningkatkan keuntungan.

Strategi itu kemungkinan akan terus digunakan untuk membayar dividen ketika harga turun, karena pasar dibanjiri oleh pesaing baru. Menurut data Reuters, pada kuartal ketiga tahun 2022, Tesla menghasilkan laba kotor USD15.653 per kendaraan.

Keuntungan itu lebih dari dua kali lipat dari pesaingnya seperti Volkswagen, empat kali lipat dari Toyota, dan lima kali lipat dari Ford. Berkat keuntungannya yang lebih tinggi, Tesla memiliki lebih banyak kelonggaran untuk memangkas harga.

“Keunggulan biaya tersebut merupakan hasil dari investasi besar merek dalam mengendalikan biaya produksi. Teknologi jalur perakitan baru, menghadirkan manufaktur baterai sendiri, dan standarisasi desain semuanya membantu pembuat mobil menjaga biaya tetap rendah,” tulis laman carscoops, Sabtu (21/1/2023).

Baca juga; Penjualan Loyo, Tesla Diskon Harga Jual Mobil Listriknya 6%

Langkah menurunkan harga, mungkin juga strategi untuk menggertak pemain lain yang tidak mampu memotong biaya. Ini adalah strategi yang telah mulai diterapkan Tesla di China, ketika subsidi pemerintah berakhir dan kapasitas produksi tinggi.

Pesaing lokal seperti Xpeng harus mengikuti Tesla dalam memangkas harga. Namun, dengan biaya produksi yang lebih tinggi, maka hanya menghasilkan laba kotor USD4.565 dan kerugian bersih USD11.735 per kendaraan.

“Penjualan Tesla melonjak setelah melakukan penurunan harga dan sekarang kami melihat pembuat mobil lain mengikuti penurunan harga. Misalnya, Xpeng mengalami penurunan penjualan selama seminggu setelah penurunan harga Tesla,” tulis laman electrek.

Banyak ahli melihat ini sebagai beberapa langkah pertama menuju perang harga mobil listrik yang pertama. Dan, Tesla berada dalam posisi sempurna untuk memenangkan perang harga dalam pasar mobil listrik.

Baca juga; Borong Buruan, Tesla Pangkas Harga untuk Kerek Penjualan Model S
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2358 seconds (10.55#12.26)