Harga Mobil Listrik Akan Segera Anjlok, Ini Penyebabnya

Selasa, 07 Februari 2023 - 06:45 WIB
loading...
A A A
Hal itu akan berdampak pada kebutuhan baterai yang jauh lebih ringan dibanding yang ada saat ini. Diharapkan baterai tersebut juga tetap memberikan jangkauan yang sama dengan kemampuan mobil listrik yang ada saat ini.

"Top speed yang tidak terlalu tinggi juga akan mengurangi tenaga mobil yang tentunya akan sesuai dengan baterai yang lebih kecil," jelas Bertrand Leherrisier.



Dia mengatakan saat ini Citroen bukan satu-satunya perusahaan otomotif yang berupaya melakuan hal itu, menurunkan harga mobil listrik. Beberapa perusahaan mobil juga berupaya untuk membuat mobil listrik terjangkau buat semua orang tanpa harus mengorbankan fungsionalitas dan kenyamanan.

Syaratnya mobil listrik yang dibuat tidak perlu terlalu mewah dan berlebihan. Hal itu diamini eksekutif Renault, Guido Haak yang mengatakan pengembangan mobil listrik harus meniru apa yang terjadi pada era klasik.

Saat itu mobil-mobil terlihat lebih sederhana ketimbang mewah. Padahal membuat mobil listrik yang lebih mewah jauh lebih kompleks. Hal itu akan berdampak pada proses produksi.

Proses produksi yang rumit justru akan berdampak pada suplai. Harga mobil listrik jadi lebih mahal karena adanya permintaan yang tinggi.

"Bukannya menjadi lebih murah melalui jumlah besar, harga saat ini naik tajam karena hambatan permintaan dan pasokan," jelas Guido Haak.

Setidaknya hal itu terlihat saat Wuling membuat Wuling Air ev yang datang dengan bentuk yang sangat sederhana. Harga Wuling Air ev saat ini cukup kompetitif dibanding mobil listrik lainnya dengan harga Rp243 juta dan Rp299,5 juta. Di China saudara tuanya, Wuling Hongguang Mini EV bahkan lebih murah lagi karena dijual di harga Rp69 juta.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)