Bukan Cuma Seal Bocor, Ini Penyebab Oli Mobil Cepat Habis yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 16 Maret 2023 - 13:00 WIB
loading...
Bukan Cuma Seal Bocor, Ini Penyebab Oli Mobil Cepat Habis yang Perlu Diwaspadai
Waspadai beberapa faktor yang menyebabkan oli mobil cepat habis. Foto/DOK. Suzuki
A A A
JAKARTA - Pemilik mobil perlu mewaspadai beberapa faktor yang bikin oli mobil cepat habis. Ternyata bukan cuma faktor seal bocor seperti yang diduga banyak orang belakangan ini.

Ada beberapa hal yang justru bisa juga menyebabkan oli mobil habis atau cepat berkurang. Tentunya hal itu kebanyakan terjadi karena perawatan mobil yang tidak baik.

Namun sebelum memahami penyebabnya perlu diketahui lebih dulu bahwa oli atau pelumas mobil memang akan berkurang seiring pemakaian. Hanya saja jumlah yang berkurang harus masih di batas toleransi. Selain itu waktunya juga sesuai dengan ketentuan yang ada.

Beda soal jika oli atau pelumas mobil tiba-tiba berkurang dengan cepat. Apalagi sampai habis dalam waktu yang singkat. Itu artinya ada masalah di mesin mobil Anda. Lalu apa saja sih penyebabnya?



1. Seal Mesin Mengalami Kebocoran

Faktor yang menyebabkan oli mesin mobil bisa cepat berkurang, bisa terjadi akibat adanya kebocoran mesin. Kebocoran mesin ini sebenarnya merupakan kebocoran yang terjadi pada seal packing yang posisinya berada di sela bagian sambungan mesin.

Pada semua kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor, menggunakan seal pada bagian sambungan mesin. Karena pemakaian yang cukup lama, seal tersebut akan mengeras, dan bisa berakibat seal mengalami robek.

Akibat rusaknya seal pada bagian sambungan mesin tersebut, maka oli mesin akan cepat sekali mengalami penguapan dan habis.

Hal ini bisa diketahui dengan melihat seal pada bagian sambungan mesin. Apabila terdapat rembesan oli di tempat tersebut, itu artinya seal mengalami kerusakan.

2. Kerusakan Pada Ring Piston


Oli mesin mobil yang cepat sekali berkurang juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada ring piston atau seher. Kerusakan ini bisa dilihat dari asap knalpot yang berwarna putih, yang kadang terjadi saat mesin mobil dinyalakan.

Keluarnya asap putih pada knalpot terjadi karena oli yang ikut terbakar pada saat terjadi proses pembakaran pada mesin mobil. Oli mesin yang terbakar tersebut akan masuk ke dalam piston, dan akhirnya akan keluar dalam bentuk asap berwarna putih pada knalpot mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)