Bukan Cuma Seal Bocor, Ini Penyebab Oli Mobil Cepat Habis yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 16 Maret 2023 - 13:00 WIB
loading...
A A A
Warna asap putih yang keluar dari knalpot mobil bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keparahan kerusakan yang terjadi. Semakin pekat asap putih yang keluar, maka menjadi tanda, bahwa tingkat kerusakan sudah semakin parah.

3. Kualitas Oli Kurang Bagus


Kualitas oli mesin mobil yang kurang bagus, juga menjadi penyebab oli mesin mobil cepat berkurang.

Seperti diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian pada mesin mobil. Kualitas oli mesin ini juga bermacam-macam, ada yang bagus dan ada yang tidak.

Oli dengan kualitas bagus, tidak akan cepat panas ketika digunakan. Dengan demikian, mesin mobil juga tidak akan cepat panas, serta oli juga akan awet dan tidak akan lekas habis atau berkurang.

Sebaliknya, oli dengan kualitas kurang bagus, akan cepat sekali menjadi panas, dan akhirnya akan cepat berkurang.

Kualitas oli yang kurang bagus akan rawan menyebabkan mesin mobil mengalami kerusakan, apabila mobil sering digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.

Mesin mobil yang bekerja dalam keadaan panas sementara oli yang digunakan tidak tahan terhadap panas menyebabkan oli cepat berkurang.



4.Kerusakan Pada Ring Seher

Terkadang, ring seher, yaitu penahan oli pada ruang pembakaran sudah tidak berfungsi lagi dengan baik. Komponen ini tidak dapat menahan oli sehingga oli bisa masuk ke ruang pembakaran, pada saat terjadi proses pembakaran.

Ketidakmampuan ring seher menahan oli dan menyebabkan oli masuk merembes ke ruang pembakaran tersebut, akan membuat oli cepat sekali mengalami penguapan dan berkurang. Akibat lainnya, akan terjadi keluarnya asap putih dari knalpot pada saat mesin dinyalakan.

Kondisi ring seher yang sudah tidak bisa menahan oli tersebut, akan semakin parah apabila mobil melaju dengan lebih kencang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3156 seconds (0.1#10.140)