Catat! Ini Cara Mudah Meminimalisir Blind Spot di Mobil

Selasa, 13 Februari 2024 - 16:00 WIB
loading...
Catat! Ini Cara Mudah Meminimalisir Blind Spot di Mobil
Blind spot atau titik buta sangat berbahaya dan terbukti menjadi penyebab banyak kecelakaan. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Blind spot atau titik buta sangat berbahaya dan terbukti menjadi penyebab banyak kecelakaan. Cara paling mudah mengantisipasinya adalah mengalihkan pandangan mata ke area tersebut sebelum melakukan manuver kendaraan.

Sayangnya hal ini terlalu beresiko. Sebab mengalihkan pandangan ke samping atau belakang meski hanya sepersekian detik dapat membahayakan diri sendiri dan penumpang.

Dilansir dari Slash Gear, Selasa (13/2/2024), blind spot adalah area di sekitar kendaraan yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi. Singkat kata, pengemudi susah melihat kendaraan lain yang ada di area tertentu di dekatnya.

Alih-alih memutar kepala dan mengarahkan pandangan ke samping atau belakang, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalisir blind spot. Di antaranya mengatur spion sebelum berkendara dan memasang alat bantu.


1. Atur spion


Cara terbaik untuk meminimalkan titik buta di mobil adalah dengan menyesuaikan spion secara tepat. Kebanyakan orang mengatur spion untuk memungkinkan melihat sisi kendaraan sendiri, namun hal itu kurang tepat. Menempatkan spion dengan cara ini mencegah penggunaan secara maksimal dan secara drastis meningkatkan ukuran titik buta.

Berikut cara yang benar untuk menyesuaikan spion.

- Sesuaikan cermin belakang sampai memberi pandangan langsung atas apa yang ada di belakang kendaraan.

- Condongkan kepala sampai sedikit menyentuh jendela sisi pengemudi, lalu sesuaikan spion samping sampai Anda hanya bisa melihat sisi kendaraan sendiri dengan sedikit.

- Condongkan ke arah tengah mobil sampai kepala berada sekitar di atas konsol tengah, lalu sesuaikan spion samping penumpang sampai Anda hanya bisa melihat sisi kanan kendaraan sendiri dengan sedikit.

Titik buta memang tidak hilang dengan metode ini tapi setidaknya semakin kecil ketimbang spion disetel tidak tepat. Jika spion disetel dengan benar, pengemudi seharusnya tidak perlu memutar kepala dari arah jalan.


2. Pasang cermin konveks


Cara terbaik untuk meminimalkan titik buta mobil adalah dengan menyesuaikan kaca spion dengan benar. Untuk semakin memaksimal fungsi spion, pemilik kendaraan dapat memasang cermin konveks kecil yang sudah banyak tersedia di pasaran. Cermin konveks membantu meminimalkan titik buta karena memberikan lapangan pandang yang lebih luas daripada cermin datar standar.

Memasang perangkat ini cepat dan mudah. Sebagian besar menggunakan perekat untuk membuat instalasi menjadi mudah, tetapi beberapa cermin titik buta mungkin akan melengkung di spion samping.

Untuk memasang cermin titik buta yang ditempel, pertama bersihkan spion untuk menghilangkan debu, lemak, atau kotoran apa pun yang mungkin mencegah lampiran titik buta menempel. Kemudian, lepaskan plastik atau kertas yang melindungi perekat dan tempelkan perangkat titik buta ke spion. Biasanya, posisi terbaik untuk cermin titik buta adalah di sudut luar atas spion. Jika membeli cermin titik buta yang dipasang klip, pasang perangkat dengan cukup memasangnya ke tempat di rumah plastik spion.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3688 seconds (0.1#10.140)