Keren, Toyota Hilux Dimodif Jadi Damkar Spesialis Mobil Listrik yang Terbakar

Kamis, 27 April 2023 - 13:26 WIB
loading...
Keren, Toyota Hilux Dimodif Jadi Damkar Spesialis Mobil Listrik yang Terbakar
Toyota Hilux Hiload buatan Prospeed saat ini tengah diuji coba di Republik Ceko. Foto/Carbuzz.
A A A
JAKARTA - Prospeed Motorsport di York, Inggris memodifikasi mobil niaga ringan Toyota Hilux jadi mobil pemadam (Damkar) yang fokus pada penanganan mobil listrik yang terbakar. Mobil pikap andalan Toyota itu sengaja dipilih karena dimensinya yang sangat ideal.

Menurut Prospeed Motorsport banyak mobil listrik terbakar di daerah yang sangat sulit dijangkau oleh mobil Damkar. Pasalnya saat ini banyak mobil Damkar memiliki ukuran yang sangat besar.

Masalahnya lagi penanganan mobil listrik yang terbakar sangat tidak mudah. Butuh air dalam jumlah yang sangat besar untuk memadamkan mobil listrik yang terbakar.

Jadi mau tidak mau perlu mobil Damkar yang bisa masuk ke wilayah yang sempit dan mampu mengangkut air dalam jumlah besar. Dari situ Prospeed memodifikasi Toyota Hilux jadi mobil Damkar khusus untuk menangani mobil-mobil listrik yang terbakar.



Keren, Toyota Hilux Dimodif Jadi Damkar Spesialis Mobil Listrik yang Terbakar


Untuk mengakomodir kebutuhan itu Prospeed membuat banyak perubahan. Pertama adalah menambah sasis baru dan jumlah roda yang semula empat jadi enam. Dimensi Toyota Hilux langsung dibuat melar dari ukuran normal.

Perubahan itu membuat Toyota Hilux garapan Prospeed diyakini mampu mengangkut air dalam jumlah yang sangat besar. Mobil yang diberi nama Hiload itu juga dilengkapi dengan teknologi terbaru pemadam kebakaran yaitu Cold Cut Cobra System.

Diketahui Cold Cut Cobra System adalah selang pemadam kebakaran buatan Cobra. Selang ini diklaim memiliki teknik pemadamam dingin yang sangat manjur dalam menangani kebakaran mobil listrik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2834 seconds (0.1#10.140)