Produksi Mobil Listrik, Kia Corp Tangguhkan 1 Pabrik Domestik

Kamis, 01 Juni 2023 - 13:39 WIB
loading...
Produksi Mobil Listrik, Kia Corp Tangguhkan 1 Pabrik Domestik
Ilustrasi KIA. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Kia Corp, pembuat mobil terbesar kedua Korea Selatan mengatakan, pihaknya akan menangguhkan operasi salah satu dari delapan pabrik domestiknya, selama paruh kedua tahun ini.

Hal itu dilakukan dalam persiapan untuk produksi kendaraan listrik (EV). Kia, afiliasi yang lebih kecil dari Hyundai Motor Co, akan mengubah pabrik Gwangmyeong No 1, tepatnya di selatan Seoul, menjadi pabrik EV.

"Mungkin perlu waktu bagi pabrik untuk memulai produksi EV setelah periode penangguhan enam bulan, kata pengarsipan itu," tulis Yonhap News, dikutip Kamis (1/6/2023).



Dilanjutkan, Kia memiliki delapan pabrik di Korea, dua di Gwangmyeong, tiga di Hwaseong, dan tiga di Gwangju.

"Sesang tujuh yang luar negeri, tiga di China dan masing-masing di Amerika Serikat, Slovakia, Meksiko dan India. Kapasitas tahunan keseluruhan mereka adalah 3,84 juta unit," sambungnya.

Pada April, pembuat sedan K5 dan Sorento SUV mengatakan, pihaknya bertujuan untuk menjual 1 juta EV pada tahun 2026, dan secara bertahap mengisi lineup EV-nya dengan 15 model pada tahun 2027.

"Kia baru-baru ini meluncurkan SUV elektrik EV9 andalan menjelang peluncuran domestiknya selama kuartal kedua. Mereka berencana untuk secara bertahap meluncurkan EV9 di Eropa, Amerika Serikat, dan pasar lainnya," jelasnya.



Kursi tiga baris EV9 adalah model kedua KIA yang dilengkapi dengan platform EV khusus Hyundai Motor Group, yang disebut E-GMP, setelah SUV EV6 diluncurkan pada tahun 2021.

Muncul dengan baterai 99,8 kilowatt jam dan diperkirakan akan melakukan perjalanan lebih dari 500 kilometer pada satu pengisian daya.

"Pada hari yang sama, sebagian besar pabrik domestiknya menderita kerugian produksi, karena serangan parsial empat jam di setiap pabrik di bawah pedoman Serikat Pekerja Logam Korea," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2812 seconds (0.1#10.140)