Kembaran Daihatsu Ayla Ini di Malaysia Dijual Cuma Rp70 Jutaan

Jum'at, 16 Juni 2023 - 20:26 WIB
loading...
Kembaran Daihatsu Ayla Ini di Malaysia Dijual Cuma Rp70 Jutaan
Perodua Axia adalah mobil kembaran Daihatsu Ayla yang sangat populer di Malaysia. Foto: dok Paultan
A A A
JAKARTA - Di Indonesia dikenal sebagai Daihatsu Ayla . Tapi, di Malaysia namanya Perodua Axia . Nah, kedua mobil ini sangat mirip kecuali harganya. Perodua Axia di Malaysia dijual mulai Rp70 jutaan. Sedangkan Daihatsu Ayla 2x lipat lebih mahal di Indonesia, yakni mulai Rp135 juta. Apa bedanya?

Axia E adalah model terbaru dari Perodua. Ini merupakan varian entry level untuk menjaring pasar lebih luas. Mobil yang sangat mirip dengan Daihatsu Ayla ini menggunakan basis Perodua Axia yang dikenalkan pada 2017 silam.

Melansir laman resmi Perodua, Axia E dipasarkan dengan harga yang sangat murah karena targetnya adalah mereka yang berpenghasilan rendah. Mobil ini dibanderol 22.000 ringgit Malaysia atau setara Rp71 jutaan.

Menggunakan basis Perodua Axia atau Daihatsu Ayla model lama, mobil ini juga sudah memiliki sertifikasi ASEAN NCAP dengan peringkat bintang empat. Melihat harganya yang murah, menarik untuk melihat spesifikasinya.

Kembaran Daihatsu Ayla Ini di Malaysia Dijual Cuma Rp70 Jutaan

Untuk dimensinya, Perodua Axia E memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.510 mm. Ukuran ini memang sedikit lebih kecil dibandingkan model terbaru dari Axia dan Ayla yang sudah diperkenalkan pada awal tahun ini.

Mobil ini memiliki bobot bersih sebesar 825 kg, dengan kapasitas bagasinya sebesar 260 liter atau lebih kecil 5 liter dari varian terbaru Daihatsu Ayla. Sementara jarak sumbu rodanya 2.455 mm dengan radius putar 4,5 meter.

Dari segi fitur, tak banyak yang ditawarkan oleh Perodua Axia E karena harganya yang tergolong sangat murah. Tetapi, mobil ini sudah dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS), hanya saja masih menggunakan velg kaleng dengan diameter 14 inci.

Kembaran Daihatsu Ayla Ini di Malaysia Dijual Cuma Rp70 Jutaan

Pengaturan spionnya juga masih manual, tapi lampu utamanya sudah menggunakan proyektor. Bahkan, tidak ada fitur audio, speaker, dan juga tombol-tombol di setir, yang mana pemiliknya harus menambahkannya sendiri.

Fitur keamanannya juga bersifat standar, yakni dual SRS airbag dan ISOFIX dengan Top Teather. Perodua Axia E tidak dilengkapi dengan perangkat keselamatan lainnya, seperti ABS. EBD, BS, VSX, Kontrol Traksi, Emergency Stop Signal, dan Hill Start Assists.

Sementara untuk dapur pacunya, Perodua Axia E sudah menggunakan versi terbaru atau sama seperti dengan kelas di atasnya. Mobil ini dibekali mesin 3 silinder 1KR-VE DOHC berkubikasi 998 cc, 12 katup, Electronic Fuel Injection dengan VVT-i.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)