Mengenal 9 Komponen Rem Tromol Mobil

Rabu, 21 Juni 2023 - 19:38 WIB
loading...
Mengenal 9 Komponen Rem Tromol Mobil
Rem tromol mobil adalah salah satu tipe rem yang umum digunakan pada kendaraan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Rem tromol mobil adalah salah satu tipe rem yang umum digunakan pada kendaraan. Namun kebanyakan orang masih belum mengetahui apa saja komponen yang ada di dalamnya.

Pada dasarnya rem tromol mobil ini memiliki sistem pengereman yang lebih halus ketimbang rem cakram. Sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Selain itu, rem tipe ini juga merupakan komponen yang tertutup, membuat debu dan kotoran tidak mudah masuk sekaligus memudahkan pengendara melakukan pembersihan.


Komponen Rem Tromol Mobil

Berikut ini sembilan komponen rem tromol mobil beserta fungsinya.

1. Kampas dan Sepatu Rem

Kampas merupakan komponen yang terdapat di dalam sepatu rem. Bentuk dari sepatu rem sendiri adalah setengah lingkaran yang terdiri dari dua buah. Umumnya kampas rem ini lama-kelamaan akan menipis atau aus seiring penggunaan. Pada saat inilah kampas rem sudah waktunya diganti.

2. Backing Plate

Backing Plate merupakan piringan logam yang berada di belakang sistem rem. Komponen ini berguna untuk melindungi bagian lainnya.

3. Return Spring

Terdapat dua buah return spring pada rem tromol mobil, yaitu upper spring yang berfungsi untuk mengembalikan posisi sepatu rem setelah pengereman, dan lower spring yang berguna untuk menjaga posisi dua sepatu rem agar mampu menekan adjuster.

4. Silinder Roda

Kemudian ada silinder roda yang berfungsi sebagai pengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis. Pada umumnya, silinder roda yang kerap digunakan pada rem tromol adalah tipe dua piston.

5. Brake Shoe Adjuster

Bentuk dari komponen ini menyerupai screw yang dapat diatur sedemikian rupa. Komponen yang diletakkan di bagian bawah rem ini berfungsi untuk menyetel celah antara kampas rem dan permukaan tromol ketika tuas rem ditarik.


6. Brake Shoe Holder

Komponen ini terletak di bagian dalam Backing Plate. Dimana Brake Shoe Holder memiliki beberapa bagian, diantaranya pengunci pegas dan plat penekan.

7. Drum Brake

Komponen yang terbuat dari baja tuang ini berbentuk seperti drum atau tabung yang berguna untuk media gesekan bersama kampas rem tromol supaya roda dapat terhenti saat melakukan pengereman.

8. Parking Brake Lever

Parking Brake Lever berfungsi untuk membuat mobil tetap diam dalam kondisi parkir. Terdapat dua bagian Parking Brake Lever yang biasa digunakan, yakni park brake lever dan park brake shoe link.

9. Parking Brake Cable

Terakhir, ada Parking Brake Cable yang berguna untuk menarik sistem rem kontrol dan berfungsi menghubungkan gerakan tuas rem. Kabel ini terhubung dengan tuas rem parkir dan parking brake lever supaya hasil kerja menjadi maksimal.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3040 seconds (0.1#10.140)