Mengenal Sejarah Tesla, Perusahaan Kendaraan Listrik Ternama Milik Elon Musk

Senin, 10 Juli 2023 - 15:57 WIB
loading...
A A A
Beberapa bulan setelahnya, Seri C berhasil meraup USD40 juta dari tokoh-tokoh terkenal. Sebut saja seperti Larry Page, Sergey Brin, Bay Area Equity Fund JPMorgan Chase dan mantan presiden eBay Jeff Skoll. Saat itu, tercatat investasi dari swasta mencapai USD105 juta.

Master Plan Tesla

Pada Agustus 2006, Elon Musk menerbitkan posting berjudul “The Secret Tesla Motors Master Plan (just between you and me)”. Saat itu, dia mulai memaparkan misi jangka panjang perusahaan untuk membantu transisi kendaraan dunia dari bahan bakar fosil menuju energi bersih.

Sekitar bulan November 2007, terjadi pergantian direksi Tesla. Seorang veteran teknologi bernama Ze’ev Drori menjadi pemimpin Tesla menggantikan salah satu pendirinya, yakni Martin Eberhard.

Pada tugas barunya, Drori mengemban misi untuk membawa mobil pertama Tesla, Roadster, ke pasaran pertama tahun 2008. Momen ini dikatakan sebagai tonggak sejarah bagi perusahaan dan era baru kendaraan listrik dunia.

Tesla kemudian meluncurkan mobil keduanya, Model S, pada Maret 2009. Hanya dalam kurun beberapa bulan saja, mereka memiliki lebih dari 1.000 pesanan untuk Model S tersebut.

Go Public

Setelah mendapat tambahan dana dari berbagai sektor, Tesla memutuskan untuk Go Public pada tahun 2010. Saat itu, mereka menawarkan 13,3 juta saham dengan harga USD17 per sahamnya.

Seiring waktu, Tesla semakin dikenal. Pada tahun 2012, mereka meluncurkan prototipe Model X yang menjadi jenis SUV perusahaan pertama. Dua tahun berselang, Tesla mengumumkan pembangunan pabrik baterai raksasa di Sparks, Nevada.

Terus Berkembang

Mengenal Sejarah Tesla, Perusahaan Kendaraan Listrik Ternama Milik Elon Musk

Pada keberlanjutannya, Tesla terus mengembangkan teknologi canggih. Tak hanya sebatas kendaraan listrik, mereka juga mulai merambah sektor energi dengan tujuan mengalihkan penggunaan bahan bakar fosil.

Pada Februari 2017, perusahaan yang awalnya bernama Tesla Motors berganti menjadi Tesla Inc. Hal ini disertai juga dengan peluncuran produk-produk berkelanjutan miliknya, termasuk Cybertruck pada November 2019.

Saat ini, Tesla telah banyak dikenal orang sebagai perusahaan kendaraan listrik ternama di dunia. Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, bukan tidak mungkin nantinya Tesla membuat gebrakan lain di masa mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5958 seconds (0.1#10.140)