Mengapa Sepeda Motor Listrik Harus Pakai Ban Khusus? Ini Penjelasan Lengkapnya

Rabu, 02 Agustus 2023 - 14:22 WIB
loading...
Mengapa Sepeda Motor Listrik Harus Pakai Ban Khusus? Ini Penjelasan Lengkapnya
Ban sepeda motor listrik memiliki spesifikasi berbeda dengan ban kendaraan konvensional. (Foto: Muhammad Fadli Ramadan)
A A A
JAKARTA - Sepeda motor listrik membutuhkan ban khusus yang berbeda dengan kendaraan konvensional. Hal ini salah satunya untuk penghematan baterai dan durabilitas yang lebih baik.

Selain itu, juga untuk menghindari selip karena sepeda motor listrik memiliki torsi yang besar, sehingga dikhawatirkan daya cengkeram ban biasa ke permukaan jalan kurang maksimal.

“Torsi yang besar ini pengaruhnya apa? Dia terhadap pengikisan ban itu lebih besar, jadi lebih cepat aus. Kedua, pengaruhnya ke traksi, kalau kita enggak buat ban khusus mungkin terjadi selip antara ban dengan jalanan,” kata Joni Tanto, Ahli Teknik PT Industri Karet Deli (IKD) saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2023).



Joni menjelaskan, pengikisan ban sepeda motor bisa terjadi akibat tenaga yang langsung disalurkan ke ban tak seperti motor konvensional yang melalui rantai atau v-belt terlebih dahulu.

Faktor lainnya adalah bobot motor listrik yang lebih berat sehingga memengaruhi performa ban. “Motor listrik itu lebih berat, ini yang mempengaruhi ke penggunaan baterai itu sendiri. Kalau enggak ditopang oleh ban khusus motor listrik, ini mungkin jadi agak boros,” ujar Joni.



Di pasaran saat ini sudah ada berbagai jenis ban khusus sepeda motor listrik. Ban khusus motor listrik ini dibanderol di kisaran Rp179.000 hingga Rp344.000.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4236 seconds (0.1#10.140)