Mobil Mercedes-Benz Bersejarah yang Pernah Dipakai Ratu Elizabeth II Bakal Dilelang

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:12 WIB
loading...
Mobil Mercedes-Benz Bersejarah yang Pernah Dipakai Ratu Elizabeth II Bakal Dilelang
Mercedes-Benz seri 600 bersejarah ini ditaksir bernilai Rp39 miliar. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Pabrikan mobil Jerman Mercedes-Benz punya koleksi paling premium dan melegenda, seri 600 yang akan dilelang. Ratu Elizabeth II dan para pesohor dunia pernah merasakan ketangguhan mesinnya.

Seri 600 termasuk dalam kelas sedan besar bertenaga V-12 yang diproduksi selama tiga dekade sejak 1990-an, dan sekarang termasuk mobil SUV over-the-top. Sebelumnya, Mercedes-Benz 600 produksi era 1963-1981 dijuluki "Big Mercedes". Big Mercedes memakai mesin yang lebih besar untuk menggerakkan, yakni tipe V-8.

Tipe 600 terbaru dijanjikan semakin mewah dengan penyetelan power window dan kursi melalui kontrol listrik hidrolik. Nama besar Mercedes tentu saja menjadi jaminan keamanan dan kenyamanan. Tak ayal, deretan selebritas pernah memilikinya, antara lain David Bowie, Rowan " Mr. Bean " Atkinson, dan Elvis Presley.

Koleksi langka seri 600 masih menjadi incaran para kolektor. Ke depan, koleksi seri Pullman pada 1966 dilelang beberapa hari mendatang.



Dilansir dari Slash Gear, Senin (21/8/2023), koleksi Pullman dipertahankan oleh Mercedes-Benz. Alih-alih dijual, koleksi ini dipinjamkan ke pemerintah untuk kepentingan kegiatan di dalam negeri dan luar negeri.

Mobil yang dipilih Mercedes untuk disimpan sebagai koleksi adalah limusin Pullman bermuatan tujuh orang dengan empat pintu dan atap lipat Landaulet. Eksteriornya diberi sentuhan akhir dalam warna hitam klasik dengan interior kulit cognac, lengkap dengan tempat bendera untuk spatbor depan.

Dari semua seri 600 yang diproduksi, hanya 33 mobil seri Pullman dengan empat pintu berkonfigurasi atap Landaulet. Koleksi yang sangat langka ini menurut catatan sejarah, misi pertama pembuatan seri 600 ini untuk mengangkut Wakil Presiden AS Hubert Humphrey berkeliling Jerman pada April 1967.



Pada dua tahun berikutnya, limusin ini mengantarkan Ratu Elizabeth II dan suaminya, Duke of Edinburgh di Wina, Austria. Sekembalinya ke Jerman, Big Mercedes berfungsi sebagai transportasi untuk mengunjungi astronot Apollo 11 Neil Armstrong, Michael Collins, dan Buzz Aldrin.

Pada 1974, Mercedes melepaskan kepemilikan kendaraan yang menarik ini untuk kepentingan pribadi, diikuti dengan penjualan lainnya pada tahun 2015. Sekarang, mobil tersebut kembali mencari pemilik baru. Koleksi ini dilelang oleh Broad Arrow di acara Jet Center di Monterey, California pada 17-18 Agustus 2023. Perkiraan harga jual Mercedes-Benz bersejarah ini sekira $2,25-2,65 juta atau sekira Rp39 miliar. Tak perlu dikatakan lagi, mobil ini menyimpan sejarah tak ternilai.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4278 seconds (0.1#10.140)