Jangan Ganti Sendiri Rangka Motor Bermasalah, Urusannya Bisa Pidana

Rabu, 23 Agustus 2023 - 09:26 WIB
loading...
Jangan Ganti Sendiri Rangka Motor Bermasalah, Urusannya Bisa Pidana
Honda Genio menggunakan rangka eSAF yang belakangan viral di media sosial. (Foto: Astramotor)
A A A
JAKARTA - Unggahan tentang rangka eSAF Honda keropos dan patah belakangan viral di media sosial. Namun, jika hal ini terjadi pada motor Anda apapun mereknya, jangan coba-coba mengganti rangka motor sendiri. Akibatnya bisa fatal karena melanggar hukum.

“Jangan sendiri, harus dilakukan melalui bengkel terpercaya dan memiliki surat rekomendasi. Jangan coba-coba sendiri melakukan itu,” kata Kasi Standar Subdit STNK Ditregident Korlantas, AKBP Petrus Aldo Siahaan saat ditemui di Cipete, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Kenapa tidak boleh mengganti rangka kendaraan sendiri? AKBP Aldo menjelaskan, ada nomor rangka yang menjadi registrasi kendaraan tersebut yang terdaftar di kepolisian Republik Indonesia.

Bahkan, memindahkan nomor rangka dari sasis yang lama ke baru dengan cara mengelas ulang juga tidak diperkenankan. Hal tersebut bisa berujung pada tindak pidana meski dilakukan ke motor milik sendiri karena tidak memiliki rekomendasi dari kepolisian.
AKBP Aldo menjelaskan bagi yang ingin memperjelas nomor mesin dan rangka, atau bahkan mengganti rangka, bisa mendatangi kantor Samsat. Di sana, pemilik kendaraan bisa meminta surat rekomendasi atau melakukan pengetokan nomor di tempat.



“Datang dulu ke Samsat dan minta rekomendasi ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan nomor kendaraan dan nomor rangka. Atau bisa dilakukan petugas Samsat itu sendiri, untuk melakukan pengecekan penggesekan,” ucapnya.

Di media sosial, belakangan tersebar banyak postingan motor Honda yang patah pada bagian tengah saat dikendarai atau alami kecelakaan tabrak belakang.

Masalah ini sebenarnya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor dan cara mengatasinya adalah mengganti rangka. Honda juga telah mempersiapkan rangka baru yang dapat dibeli oleh konsumen.

Saat ini Honda masih melakukan investigasi mengenai banyaknya kasus rangka eSAF yang keropos. Dikatakan bahwa itu bisa saja terjadi karena pengguna tinggal di pesisir pantai sehingga motor kerap terkena air laut.



“Kita melihatnya mesti case by case ya. Itu kasusnya dilaporkan saja, nanti kita akan dalamin lebih lanjut,” kata Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi Putro di ICE BSD City, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Saat ini, skutik Honda yang menggunakan rangka eSAF adalah Genio, BeAT, BeAT Street, Scoopy, dan model terbaru Vario 160.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)