Mercedes Segera Hadirkan Mobil Listrik Murah, Jakarta-Surabaya Sekali Cas

Senin, 04 September 2023 - 13:32 WIB
loading...
Mercedes Segera Hadirkan Mobil Listrik Murah, Jakarta-Surabaya Sekali Cas
Mercedes-Benz CLA Concept Class diyakini akan jadi tampilan utuh mobil listrik harga murah buatan Mercedes-Benz. Foto/Mercedes-Benz
A A A
JAKARTA - Mercedes-Benz akhirnya merilis wujud utuh calon mobil listrik murah bernama Mercedes-Benz CLA Class Concept. Mobil ini bakal menjadi penantang Tesla Model 3 .

Mobil listrik Mercedes-Benz CLA Class Concept akan dihadirkan secara resmi di ajang IAA Mobility Munich yang akan dibuka Selasa (5/9/2023).

"Mobil ini adalah cikal bakal segmen mobil entry-level serba listrik baru di Mercedes-Benz. Model baru ini terinspirasi oleh generasi pembeli mobil yang menginginkan nuansa Mercedes-Benz yang khas, dengan lebih banyak fitur, kenyamanan dan keamanan yang lebih baik, serta teknologi tercanggih," kata Olla Kalenius, Chairman of the Board of Management of Mercedes-Benz Group AG.

Dia menambahkan, mobil konsep tersebut sudah sangat mirip dengan model produksi massal yang akan diluncurkan tahun depan.



Olla Kalenius mengatakan jarak tempuh mobil listrik murah itu akan jadi terobosan baru karena mampu mencapai 750 kilometer.

Jarak tempuh tersebut sangat fantastis mengingat saat ini belum ada mobil listrik mana pun yang mampu mencapai jarak tersebut dalam kondisi baterai terisi penuh. Jarak itu memungkinkan Mercedes-Benz CLA Class Concept bisa menempuh jarak Jakarta-Surabaya tanpa khawatir kehabisan baterai.

Mobil listrik ini dilengkapi teknologi listrik yang diambil dari Mercedes-Benz Vision EQXX. Baterai yang digunakan mencapai 800 volt dan mendukung pengisian cepat DC hingga 250 kW.

Powertrain listrik untuk Mercedes-Benz Concept CLA Class ini disebut Mercedes-Benz Electric Drive Unit, atau MB EDU. Unit tersebut terdiri dari motor, transmisi, dan elektronika daya yang dikembangkan sepenuhnya sendiri oleh Mercedes-Benz. Kreasi itu diyakini merupakan unit penggerak pertama dalam rangkaian unit penggerak yang akan digunakan untuk melayani sejumlah lini model listrik Mercedes-Benz ke depannya.



Sayangnya hingga kini Mercedes-Benz memang belum menyatakan resmi harga mobil listrik murah itu. Hanya saja Mercedes-Benz CLA Class Concept memang dihadirkan untuk mengganggu mobil listrik paling popular saat ini, Tesla Model 3.

Di pasar global Tesla Model 3 saat ini dijual USD37.940 atau setara Rp568 juta. Bisa jadi nanti setelah diproduksi mobil listrik harga terjangkau versi Mercedes-Benz juga akan ada di kisaran harga yang sama.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0745 seconds (0.1#10.140)